Flickr

Semoga bertahan sepanjang zaman




“ Yang utama sebagai pengayom itu adalah pemimpin “


Walau nyata-nyata hanya berupa impian untuk dapat kekal sepanjang zaman, namun yang namanya optimis itu mesti dikedepankan demi tidak menyerahnya kita sebagai manusia (generasi bangsa)  dari Bali, sebagai mahluk Tuhan yang paling sempurna kita para  orang-orang dari tanah Bali harus punya komitmen maka dengan kekuatan peradaban etika serta budaya yang ada di Bali, kita para orang-orang Bali harus bisa hidup bertahan dalam berbagai era.

Bali perlu pemimpin yang faham dengan manusia Bali seutuhnya dan tradisinya dan punya strategi jitu mengawal hak hak tradisional manusia bali ( laut, pantai, lingkungannya kawasan suci bagi para penganut Hindu Bali, harga mati)
 
Bali perlu pemimpin yang faham dengan manusia Bali seutuhnya dan tradisinya dan punya strategi jitu mengawal hak hak tradisional manusia bali ( laut, pantai, lingkungannya kawasan suci bagi para penganut Hindu Bali, harga mati)
" Hindu "  pendidikan karakter di tanamkan sejak lingkungan keluarga pada generasi Hindu Bali

Sebagai generasi bangsa besar NKRI yang berasal dari Bali, bukan hanya cuma berangan-angan dapat eksis bertahan sepanjang tahun, tapi kita juga  harus tetap eksis menjaga identitas diri orang Bali yang tiada duanya, kreatif juga amat penting agar para generasi Bali tidak menjadi korban modernisasi lebih-lebih termaginalkan di era perkembangan zaman. Kita para orang-orang Bali yang notabene sebagai penganut Hindu nan taat, tetap memohon keradiratNya semoga kedepannya ada pengayoman nan jelas, terukur, dan riil dalam menjamin para manusia Bali bisa bertahan sepanjang zaman. Kiranya disinilah salah satu bukti kongkrit di tanah sorga itu perlu ada suatu pemimpin nan tegas, yang secara utuh dapat memahami keberadaan para manusia Bali, juga harus mampu membangun kecerdasan para manusia Bali  yang demikian kukuhnya menjaga keajegan aneka tradisi yang pernah ada di Bali, serta  sedemikian tegarnya membela tri hita karana. Di Tanah Bali itu orang-orang sejagatpun tahu, kalau disana ada yang namanya hak-hak tradisional manusia Bali (baca Hindu BalI), misalnya ada aneka tempat  yang disuci sakralkan riil ada laut ( pantai, teluk, dan lingkungannya )

penguatan identitas manusia Bali amat diperlukan, agar dapat bertahan di segala zaman

Dapat bertahan itu modal utamanya adalah kekuatan,  maka penguatan identitas manusia Bali amat diperlukan. Uniknya tanah Bali dengan aneka tradisinya yang lestari, budaya nan tinggi, juga adat isti adat perlu dilestarikan dikembangkan . Tidak tersangkal,  karena di era-era post modern keunikan suatu budaya sebagai identitas bangsa merupakan barang langka. Semoga sekian zaman kedepan  dengan kekayaan budaya kita sebagai orang Bali, kita dapat tetap berkicau berceloteh menghadapi persaingan global.     “ astungkara “


0 Response to "Semoga bertahan sepanjang zaman"

Post a Comment

Baca juga yang ini