Flickr

Nama Angin, dan dimana ?


Kita semua tahu yang namnya angin, bila sang angin bertiup maka segarlah kita punya badan. Di seluruh jagat angin itu ada, dan di seantero jagat pula angin itu berembus. Angin yang bertiup pada suatu daerah namanya angin lokal, lain daerah maka lain juga nama anginnya :


a.      Angin Gending, angin ini bertiup di daerah Probolinggo dan Pasuruan Jawa Timur. Terjadi karena gerakan udara yang turun  mulai dari pegunungan Lamongan  dan pegunungan Tengger mendapatkan pemanasan secara dinamis ke arah lembah di sebelah utara. Bersamaan dengan itu kelembaban nisbi turun dengan cepat  sehingga udara yang tiba di Probolinggo dan Pasuruan menjadi panas dan kering. Konon angin gending amat bermanfaat bagi pohon mangga.
b.      Angin Kumbang, bertiup di daerah Tegal, Brebes, dan Cirebon . Angin yang bertiup karena gerakan udara yang turun mulai dari lereng gunung Gunung Slamet bagian utara melintasi pegunungan Kumbang di sekitar desa Cikeusal yang dapat pemanasan secara dinamis ke lembah sebelah utara. Maka kelembaban nisbi turun dengan cepat sehingga udara yang tiba di sekitar Tegal, Brebes, dan Cirebon menjadi panas  dan kering.
c.       Angin Brubu, bertiup di daerah Makasar / Ujung pandang (Sulawesi Selatan), terjadi karena gerakan udara yang turun mulai dari lereng gunung Bulukumba, Sinjai, Gowa, dan Jeneponto yang mendapatkan pemanasan dinamis ke arah lembah di utara, akhirnya udara yang mencapai dataran rendah di sekitar  daerah itu jadi panas dan kering.
d.      Angin Wambrau, bertiup di daerah Biak (Papua/Irian Jaya)  terjadi karena gerakan udara yang turun mendapatkan pemanasan secara dinamis ke arah lembah di sekitarnya . Kelembaban nisbi turun drastis akhirnya udara yang ke dataran rendah di sekitar daerah itu panas dan kering.
e.      Angin Bohorok, bertiup di daerah Deli (Sumatra Utara). Terjadi karena gerakan udara yang turun di pegunungan bukit Barisan dapat pemanasan secara dinamis ke arah lembah disekitarnya. Maka kelembaban nisbi turun cepat sehingga udara mencapai dataran rendah sekitar daerah itu panas dan kering. Angin bahorok merugikan petani tembakau karena oleh angin tersebut daun tembakau jadi rusak.
f.        Angin Puyuh, bertiup daerah Sangir- Talaud (Sulawesi Utara) dan di pulau Rote (NTT).

0 Response to "Nama Angin, dan dimana ?"

Post a Comment

Baca juga yang ini