Wednesday, September 12, 2012

Asta Aiswarya

Asta Aiswarya berasal dari bahasa sansekerta, yakni dari kata Asta yang artinya delapan, dan kata Aiswarya yang berarti kemahakuasaan.Dengan demikian Asta Aiswarya mengandung arti Delapan sifat kemahakuasaan Tuhan. Asta Aiswarya dapat digambarkan sebagai kemahakuasaan Ida Sanghyang Widhi sebagai Padma Asta Dala ( teratai berdaun delapan ). Kedelapan kemahakuasaan Ida Sanghyang Widhi tersebut  meliputi : Anima, Laghima, Mahima, Prapti, Prakamya, Isitwa, Wasitwa, dan Yatrakamawasaitwa.


Anima > Sifat Sanghyang Widhi Maha Kecil, lebih kecil dari benda terkecil (otom). Atom bagian terkecil dari unsur-unsur, jadi sifat Ida Sanghyang Widhi menjangkau segala sesuatu yang lebih kecil dari atom. Karena kecilnya sifat Beliau sehingga dapat memasuki tempat-tempat yang sekecil-kecilnya. Tidak ada yang lebih kecil dari Beliau.

Laghima > Sanghyang Widhi Maha Ringan, lebih ringan dari benda yang teringan (ether), atau lebih ringan daripada gas. Sanghyang Widhi mampu mengambang di udara, dan terapung di air, sehingga dapat menjangkau segala tempat.

Mahima > Sanghyang Widhi Maha Besar, lebih besar dari benda yang terbesar. Sanghyang Widhi meresapi dan memenuhi segala tempat,tiada ruang yang kosong bagi beliau. Beliau berada di dalam dan diluar alam ini

Prapti > berarti tiba, maksudnya segala tempat terjangkau oleh Ida Sanghyang Widhi, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, pada yang bersamaan beliau berada berada di segala tempat..

Prakamya > Segala kehendak dan keinginan Sanghyang Widhi akan terwujud, segala keinginan Beliau pasti tercapai.

Isitwa > Sifat Sanghyang Widhi Maha Utama / sifat Sanghyang Widhi sangat mulia, selalu unggul, mengungguli segalanya.

Wasitwa > artinya Maha Kuasa, Beliaulah yang paling berkuasa di dunia ini. Beliaulah yang paling menentukan atas kelahiran, kehidupan dan kematian semua makhluk di dunia ini. Beliau pulalah yang menentukan terciptanya dunia (sresti) dan Beliau pulalah yang mengembalikan dunia ini keasalnya (pralaya)

Yatrakamawasaitwa > artinya segala kehendak Sanghyang Widhi akan terlaksana dan tidak ada yang dapat menentang kodratNya.

Maka dapat disimpulkan makna Asta Aiswarya adalah sebagai ajaran yang menuntun umat manusia agar selalu berbakti dan selalu berbuat baik dan jujur, karena Sanghyang Widhi sebagai saksi perbuatan segala makhluk di semua tempat dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment