Flickr

Pink Beach



Bibir pantai berwarna merah muda

Memanglah tidak salah orang-orang yang gemar membaca banyak berkata “ dengan membaca engkau akan menuai gagasan “, “ dengan membaca penglihatanmu akan semakin jauh, dan duniamu  akan  semakin luas”. Jujur saja, dengan membaca setengah halaman Koran Pak Oles yang tersisa karena dirobek lantaran dipakai pembungkus kain, saya sendiri ( Wayan Suyasa dari Desa Belimbing Pupuan Tabanan Bali), baru tahu kalau ciptaanNya sedemikian beragamnya. Kongkrit/tepatnya saya baru tahu, kalau di dunia ini ada pantai yang pasirnya berwarna merah muda (pink), karena selama ini yang saya tahu lumrahnya sebagian besar pantai itu berpasir hitam, berpasir putih juga ada, dan di pantai tertentu banyak batu koralnya semisal pantai Tulamben di Bali Utara.

Tidaklah heran jika di bawah kolong langit ini, dari sejak zaman NKRI dijuluki Nusantara atau di era era kerajaan dulu telah sedemikian terkenalnya seluruh kawasan bangsa kita, disamping subur keindahan alamnya juga memukau ( pokoke fauna flora Indonesia itu memang top, is the best ).NKRI memiliki suatu kawasan yang sedemikian terkenalnya dengan sejenis faunanya Biawak Komodo kadal yang berukuran lebih besar dibanding dengan jenis-jenis kadal lainnya di NKRI. Sebagai habitat populer dan tertop di pulau Komodo, sebut saja kawasan pulau terkenal itu daerahnya Kabupaten Manggarai Barat provinsi NTT ( Nusa Tenggara Timur ). Pulau Komodo itu merupakan pulau satu-satunya diantara ribuan pulaunya Indonesia yang berpasir indah merona. Warna indah itu idolanya para wanita muda, Pink beach demikian julukannya. Pink identiknya merah muda, dengan demikianlah maka jelaslah bibir pantai komodo itu adalah berpasir merah muda. Warna ngejreng itu sejatinya di sebabkan oleh campuran pasir dengan materi biogenik yang berasal dari pecahan koral serta aneka kerang.

Sedemikian besar kuasaNya, di bawah kolongnya langit ada tujuh pantai yang mendapat julukan pink beach. Diantara ketujuh cacakan itu adalah ; Salah satunya pantai pulau Komodo yang berlatar belakang perbukitan Aganto Seno punya NKRI, Harbor Island (Bahamas), Bermuda, Santa Cruz (Filiina), Sardinia (Italia), Bonaire (Dutch Caribbean Island), dan Balos Lagoon (Crete,Yunani).-


Sumber bacaan : Koran pak Oles, 16 – 29/2/2016

0 Response to "Pink Beach"

Post a Comment

Baca juga yang ini