Flickr

Penglipuran desa Wisata di Bali



desa Penglipuran Bangli




Bali pulau kecil yang indah ada di baratnya selat Lombok, mayoritas warganya beragama Hindu budayanyapun tinggi, bernafaskan relegius keagamaan. Panorama alamnya indah dari gunungnya yang tertinggi hingga ke lembah ngarai dan bibir pantai, dunia tahu tentang hal itu. Pulau dewata sebutan yang disandangnya, ada juga yang menamai Pulau Seribu Pura, tidak hanya itu aneka lontaran kata-kata tentang Bali juga banyak ragamnya. Misalnya “ Janganlah anda mati sebelum pernah menginjakkan kaki di tanah Bali “
 
desa Penglipuran Bangli
mesuka duka di Penglipuran Bangli

Bali itu adalah destinasi wisata dunia, tempat orang-orang berwisata melepas kejenuhan juga kemumetan pikiran. Bali tidak hanya menawarkan panorama alam tapi juga menawarkan sesuatu yang lain, misalnya tentang euporia kehidupan masyarakatnya lewat desa desa wisata yang ada di pulau kecil itu. Ada sebuah desa wisata yang berbasis masyarakat telah keloktah terkenal hingga ke manca negara sana, artinya para turis/wisman buanyak yang telah mengetahuinya. Desa Wisata Penglipuran, wilayah kabupaten Bangli, sedemikian asri lestarinya desa itu. Oleh badan wisata dunia, diberikan penghargaan sebagai desa terbersih di dunia di awal tahun genap 2016. Desa ini tiada beda dengan desa desa lainnya di Bali mengedepankan tiga hal yang prinsip bagi penganut Hindu (baca Hindu Bali) : Hubungan manusia dengan alam / palemahan, hubungan manusia dengan manusia/pawongan, dan hubungan  manusia denganNya/parahyangan.

desa Penglipuran Bangli
 
desa Penglipuran Bangli
 
ngaturang Upeti, desa Penglipuran Bangli

Ciri khas Hindu kental di desa Penglipuran, misalnya setiap pintu masuk masing-masing rumah tangga memakai angkul-angkul bertipe tradisional. Datanglah ke desa wisata Penglipuran Bangli, udara gunung nan bersih sejuk akan anda rasakan di desa wisata yang satu ini. Dimasing masing ujung  jalan desa ada hutan bambu  yang indah,  juga ada yang namanya karang memadu (sebidang tanah yang unik kreterianya/ pokoknya menarik).Seluruh kawasan desa (karang desa) telah ditata apik agar sebutan desa wisata tepat untuk desa ini. Datang ke desa Penglipuran jangan lupa membeli jamu/loloh  cemcem yang cool adem. 

0 Response to "Penglipuran desa Wisata di Bali"

Post a Comment

Baca juga yang ini