Flickr

Bali dengan pantai indahnya



pantai bagi umat Hindu Bali merupakan kawasan yang disucikan



Pulau Bali dinobatkan sebagai pulau terbaik kedua di dunia tahun 2015. Bali juga terpilih sebagai pulau terbaik di Asia oleh World’s Best Awards, satu lembaga penilai pariwisata terbaik di dunia.




Daerah yang menjadi tujuan para wisatawan untuk memanjakan diri kala melepas kejenuhan dan keruwetan pikiran misalnya saat berlibur bukan hanya destinasi yang berbudaya tinggi, tapi panorama alam juga menjadi bahan pertimbangan. Yang namanya panorama alam ciptaanNya ada daerah pegunungan, pedesaan, juga hamparan pantai yang berpasir putih dan hitam, bahkan tidak sedikit ada pantai yang menarik karena sepanjang pantai itu dipenuhi oleh bebatuan yang rata-rata berukuran kecil (koral), misalnya di Bali pada pantai Tulamben, dan pantai Seraya.



Bali mengalahkan Phuket (Thailand), Maladewa, Santorini (Yunani) dan Sri Lanka. Dalam rilis KBRI Moskow kepada detikTravel, Kamis (24/3/2016) hasil tersebut diumumkan dalam sebuah gala dinner di Hotel Metropol Moskow pada tanggal 21 Maret 2016. Pada tahun 2013 Bali juga berhasil meraih predikat juara untuk kategori yang sama.

Tuhan Yang Maha Pencipta menciptakan banyak pulau-pulau kecil di sebawah kolong langit, kesemua pulau-pulau kecil itu  acap di sebut nusa karena berukuran lebih kecil dari pulau-pulau yang lain yang umumnya tergabung dalam suatu kepulauan.  Pulau yang kecil/nusa tentulah pantai yang menjadi bibir menariknya, indah demikian para adam dan hawa membilang. Lumrahnya tergambar dalam peta, pulau-pulau kecil itu hanya seukuran noktah riilnya pulau Bali (paradise island) dengan tiga buah nusanya di kawasan kabupaten Kelungkung. Bali si Pulau Dewata disamping berbudaya adi luhung dengan peradaban Hinduismenya, juga memiliki hamparan pantai nan indah mempesona, banyak para wisman tergoda olehnya. Lebih dari lima pantai yang telah tertata dengan tujuan sebagai destinasi wisata yang mengitari pulau Bali, diantaranya sebut saja : pantai Berawa, pantai Lebih, pantai Nyanyi, pantai Soka/Payan, pantai Purancak, pantai Penimbangan, pantai Lovina, pantai Tulamben, pantai Amed, pantai Seraya, pantai Pendawa, pantai Padang-padang, pantai Sanur, pantai Kuta, dan banyak yang lainnya.

pantai Balangan Uluwatu

Bukan pulau Dewata namanya jika tidak memiliki jamak keunggulan, tiada ubahnya seorang Dewata/Dewa banyak jenis kesaktiannya / mumpuni, demikian juga pulau Bali Si pulau Dewata tidak hanya mengandalkan budaya sebagai jurus-jurus mautnya demi menarik yang namanya para pelancong pemuja keindahan. Seperti yang di wartakan pada majalah Bali Post edisi 116, di pulau Bali ada salah satu daerah tingkat duanya yang bernama Kelungkung, ya kabupaten Kelungkung. Kelungkung itu ada Kelungkung daratan dan sebagian wilayahnya yang berada di tengah laut merupakan kecamatan Nusa Penida ( terdiri dari tiga buah nusa : Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan). Kembali tentang pantai yang indah yang menjadi ciptaanNya , apa lagi pantai tersebut merupakan wilayahnya pulau Bali yang terkenal hijau biru saking suburnya, tentulah menyajikan suatu keteduhan alam yang jauh dari hingar bingar perkotaan. Mulai kentara indah sejak memasuki penghujung tahun ganjil 2015, para wisman dan wisnu banyak yang berdatangan guna menikmati keindahan Nusa Penida yang tersembunyi dan terpendam. Diantara keindahan yang dimiliki Nusa Penida, diantaranya ada beberapa pantai yang menawan yang membuat hati tertawan, diantaranya ada ;  Pantai Suweban, pantai yang satu ini tepatnya ada di ujung Tenggaranya Nusa Penida  dusun Watas desa Tanglad dengan pemandangan tebingnya nan menjulang tinggi, pantai ini nyata-nyata dikelilingi tebing dan termasuk pantai berpasir putih. Pantai Atuh, diapit oleh tiga pulau kecil  beberapa kilo meter dari Dusun Palilit menuju pantai melintasi jalan setapak yang di kiri kanan bepemandangan birunya laut, pemandangan tebingnya juga merupakan ciri nan khas, para fotogafer acap menjadikan lokasi ini sebagai lahan syuting, pemandangan mata hari terbit juga dimiliki pantai yang satu ini. Pantai Kelingking, pantai indah yang satu ini sejatinya lebih terproklamirkan dengan nama pantai Paluang, lantaran pantai ini termasuk wilayah pura Paluang dengan pelinggih mobilnya yang lumayan unik. Pantai Pasih Uug, pantai ini menyajikan pemandangan yang eksotik aneh jika dilihat dari atas lingkaran tebing seakan-akan dikeruk, kawasan ini juga beri sebutan angel billabong.

Sumber bacaan : majalah bali post 116.

0 Response to "Bali dengan pantai indahnya"

Post a Comment

Baca juga yang ini