Tuesday, January 21, 2014

Cermin “ bagi mereka yang ingin menganut Agama Hindu “


Usai sembahyang lalu nunas tirtha/ metirtha



Pagi
Saya itu dari keluarga katolik-chainese dan pacar saya hindu-bali
Banyak perbedaan yang kami miliki. Tapi kami bisa tetap bersama.
Sekarang saja sedang belajar untuk mendalami agama hindu?
Pengetahuan saya tentang agama hindu itu hanya sedikit
Bisa minta bantuan:
Apa saja yang harus saya lakukan pertama untuk bisa memeluk agama hindu
Terima kasih

Tanggapan  :

Enditha Widya harus mgkuti upacara sudi wadani

Asteria Rosaliana upacara apa itu kak?

Do'weeks Kajay Upacara sudi wedani, proses mnjdi agama hindu dengan upacara dan upakara... dan sah dimata hukum agama dan hukum negara..

Ida Bagus Adita Bawana Pertama x yg harus dilakukan untuk menjadi umat Hindu adalah tertarik/menyukai Hindu itu sendiri..
Anda suka cerita/novel??coba baca Ramayana dan Mahabarata (di Gramedia ada terbitan yg jadi 1 kemasan)..mulai dari sana dulu..
Kerangka dan pola pikir umat Hindu terwakili disana..

Nanti setelah mengerti kisah Mahabarata anda bisa lanjut ke percakapan Krishna-Arjuna yg terangkum dalam Bhagavadgita..

Tridadi Saputra gpp... nyante aja... nikmati hidup, kalau kamu sudah resmi menikah dan resmi didaulat menjadi keluarga Hindu, kamu balik lagi kesini... silakan tanyakan apapun tentang Hindu kepada rekan rekan disini... kalau sekarang, masih jauh arang dari panggang...

Nang Cening Wang Lumbung Mungkin yg perlu anda lakukan awalnya adlh meyakinkan diri,br keluarga,kl anda blm yakin lopun mendalami ajrnnya sy rasa percuma sj,maaf kl g berkenan

Ida Bagus Adita Bawana Menurut saya..upacara suddi wadani,otonan,seperti Bayi baru lahir tidak perlu dulu..nanti bisa menyusul belakangan..

Yg penting pertama x..anda harus tertarik dan suka terhadap Hindu dulu..baru kemudian berkembang ke Tattwa (filosofi dalam Hindu)..setelah semua mantap baru bisa lanjut ke upacara..

Upacara suddi wadani (upacara masuk Hindu) jika tidak dilandasi dengan kemantapan memeluk Hindu itu = percuma

Benny Refresh Oftheblank Sebegini dharma dharmanya orang hindu bali ,, sya bangga dengan hindu ,, apa lgi di desa sya di gobleg masih menganut sitem kerajaan ,, hehehe ,, buat tmen tmen ,, jngn mikir jihat yach ,, xixixi

Arya Putra syarat utama untuk memeluk suatu agama ialah berpikir secara logis, mengasah pengetahuan dengan teology dan filosofi setidaknya itulah bekalmu untuk belajar hindu yang real. jangan mempelajari upacaranya terlebih dahulu, pelajarilah cara orang hindu berinteraksi dengan alam, manusia dan tuhan.

Galuh Kade mungkin masih pacaran pikir baik2 dulu.. pikir keluarga juga.. nikah ga cuma nyatuin dua orang, tapi dua keluarga, dan menurt saya jangan korbankan keyakinan demi pasangan.. kecuali klo bisa legowo melepaskan keyakinan.. ibu saya dulu juga katholik.. smpe pacaran 8 tahun.. tapi orang tua mendukung krn melihat sama2 setia.. terakhir sblm memutuskan menikah ibu saya pengakuan dosa sama pastur dan curhat sama suster.. saat itu suster bilang: tuhan itu cuma satu nak, kamu hanya berganti cara ibadah saja, yang penting jangan jadikan tuhan permainan, kalau sudah mantap untuk pindah, jalani keyakinan barumu dengan sebaik2nya.. -- saya takjub orang dulu tampaknya lebih bijak dalam beragama-- ya persis kayak ucapan paus fransiskus yang tuhan saya bukan tuhan katholik itu... baru setelah itu ibu sya belajar tri sandhya dan ke pura.. kalau saran saya kenali dua keluarga masing2.. dan cari kemantapan dulu.. pikirkan orang tua.. kalau saya pribadi sih lebih setuju nikah tanpa harus pindah agama.. masalah anak tinggal dikenalkan dan beri kebebasan dia mau milih agama mana.. tapi hukum di indonesia blm bisa spt itu.. dan blm banyak juga pasangan yang bisa legowo spt itu.. yaaahh semoga bisa mengambil keputusan terbaik... ^^v

Kuta Nyali Asteria, dlm kitab suci bagawad gita disebutkan 'Siapa yang datang kepadaku maka aku aku akant brsamanya dan apa yang engkau prsmbahkan kepadaku dgn tulus itulah ya aku terima' Itu artinya siapa saja yg ingin mmeluk agama hindu tdak ada masalah yang pnting atas kmauan sendiri tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak lain dan meyakini akan kebenaran ajaran Panca srada yang merupakan azas dari agama hindu dan konsultasilah dgn pemuka agama hindu jka kamu dah benar2 yakin dan mantap baru lakukan Sudiwadani bahwa qm bnar2 memeluk agama hindu. Semoga kebaikan dan kebenaran datang dari segala arah untuk menerangi jalan pikiranmu. Astungkara.

Gundala Putera Petir Utk mnjadi Hindu sngtlah mudah,yg jelas anda tdk akan dijanjikan surga,penebusan dosa dan diajarkan utk membenci mahluk hidup lainya..krn Hindu sebuah jalan atau tuntunan Hidup..jadi semuanya tergantung pd karma masing2 individu.

yg pertama anda akan di SUDHI WADANI
Sudhi wadani berasal dari kata sudhi dan wadani. Sudhi dari bahasa Sansekerta (f), yang berarti penyucian, persembahan, upacara pembersihan/penyucian. Kata yang sepadan dengan sudhi adalah suddha, yang berarti bersih, suci, cerah, putih tanpa cacat atau cela.
Wadani berarti banyak perkataan, banyak pembicaraan. Adapun bentuk-bentuknya seperti :
1. Wadana yang dapat berarti muka, mulut, prilaku/cara berbicara.
2. Wadanya yang berarti fasih berbicara, ramah, banyak bicara.
**Jadi Secara singkat dapat di katakan bahwa upacara sudhi wadani adalah upacara dalam Hindu sebagai pengukuhan atau pengesahan ucapan atau janji seseorang yang secara tulus ikhlas dan hati suci menyatakan menganut agama hindu.

Dan stlh anda resmi masuk hindu ada 5 hal yg anda wajib yakini..yg biasa disebut dgn
PANCA SRADHA
1. Percaya dengan adanya Ida Sang Hyang Widhi (Widhi
Sradha / Tuhan yg maha esa.}
2. Percaya dengan adanya Atma (Atma Sradha)
Atma Sradha adalah keyakinan tentang kebenaran adanya Atman. Dalam kitab Upanisad disebutkan bahwa “Brahman Atman Aikyam” yang artinya Brahman dan Atman itu adalah tunggal. Oleh karena itu, jelaslah Atma dapat diartikan percikan kecil dari Ida Sang Hyang Widhi yang ada di dalam setiap tubuh mahluk hidup. Ida Sang Hyang Widhi sebagai sumber dari atma itu maka Beliau disebut Parama Atma, dan sebagai intisari dari alam semesta ini disebut Adyatman.
a. Atma dan Roh
Dalam tubuh manusia percikan-percikan kecil dari Ida Sang Hyang Widhi disebut Atman,kalau Atma yang menghidupi hewan/binatang disebut Janggama,sedangkan yang menghidupi tumbuhan disebut Sthawana. Jadi fungsi atma merupakan sumber hidup dari segala mahluk hidup.
3.Percaya dengan adanya Karma Phala (Karmaphala Sradha)
4. Percaya dengan adanya Punarbhawa Samsara(Punarbhawa Sradha) / Reinkarnasi / kelahiran yg berulang2.
5. Percaya dengan adanya Moksa (Moksa Sradha)
menyatunya atma/roh dgn tuhan yg maha esa.

Diwajibkan utk bisa menghafal dan tentu saja tau arti dan maknanya yaitu Tri Sandya [Gayatri mantram] krn mantram ini adlh ibu dri segala mantram artinya mantram yg ini sudah cukup mewakili mantra/Doa yg lain.
Selanjutnya sebaiknya belajar Doa Panca Sembah[ 5 Doa yg paling sering dipake disaat umat hindu sembahnyang]

Dan yg terpenting adlah ajaran Tri Kaya parisudha [tiga gerak perilaku manusia yang harus disucikan}
1. Manacika [Berpikir yang bersih dan suci }
2.Wacika {Berkata yang baik dan benar }
3.Kayika {Berbuat yang baik dan jujur }
dri kesemua ajaran Hindu..jika anda mampu menerapkan ke 3 ajaran diatas...tdk perlu mnjadi orang suci..Anda akan terlihat sebagi Mahluk paling mulia di dunia..Svaha.

KD Sunadra haseo @ ini jawaban dr sang suinggih yg sdh berkali2 menerima beralih agama ( bhagawan dwija) : SUDDHI WADANI. Suddhi wadani artinya : (suddi = suci/sakral, wadani = kata-kata/ucapan) Jadi suddhi wadani adalah pengucapan kata-kata suci yaitu : OM SA BA TA A I NA MA SI WA YA ANG UNG MANG OM, dimana dengan mengucapkan kata-kata suci itu dihadapan Hyang Widhi yang distanakan dalam suatu niyasa (simbol) berupa sanggar surya atau pelinggih Padmasana, dengan terlebih dahulu ada banten dengan unsur-unsur : bunga, buah, biji-bijian, harum-haruman, bija, api dan air, serta dipimpin oleh Pinandita atau Pandita serta disaksikan oleh pihak-pihak terkait, maka orang yang mengucapkan kata-kata sudi itu SUDAH SYAH MENJADI HINDU. Jika memerlukan administrasi berupa keterangan tertulis barulah meminta formulirnya di PHDI. JADI UNTUK MENJADI HINDU TIDAK SULIT, DAN TIDAK MAHAL. Tolong hal ini disebar luaskan kepada rekan-rekan dan “calon” Hindu. Disamping itu saya sendiri berpendapat, untuk meluaskan Hindu atau menjadikan seseorang beralih agama dari agama lain ke Hindu, lebih baik tidakterlalu formal dan sulit seperti melalui pendidikan dahulu, sebab untuk mendalami Hindu itu tidak gampang, bertahap dan perlu waktu lama. Jadi lebih baik KWANTITAS – nya dahulu dikerjakan, barulah nanti KWALITAS nya ditingkatkan melalui pendidikan non formal atau formal.

Haseo Teror Kematian KD Sunadra: sudhi wadani hanyalah formalitas... yg paling penting bagi Tuhan bukan upacara yg d lakukan oleh org yg ingin masuk hindu tsb, tapi ketulusan hati dari org itu untuk memeluk Hindu... jika sudah melakukan upacara sudhi wadani namun tidak d dasari hati yg tulus, kemudian krn tidak tulus beberapa hari/bulan/tahun pindah lagi ke agama lain krn tidak sesuai dengan hati nurani, bukankah jika demikian akan menjadi sia2 saja upacara sudhi wadani yg d lakukan??

Haseo Teror Kematian kesungguhan hati memeluk Hindu datang dari pikiran yg sudah memahami dasar2 ajaran mulia Hindu... jika kita tidak paham dengan ajarannya bagaimana mungkin kita bisa tulus memeluk agamanya?
kecuali kita hnya "sekedar"/asal-asalan saja memeluk Hindu... nah krn itulah d perlukan kesungguhan hati agar Sradhanya kuat, dan satu2nya cara untuk melakukan itu hanya dengan mempelajari ajaran2 mulia dari agama Hindu


Sumber : sebuah status FB, beserta coment/tanggapannya, akun  :  Asteria Rosaliana

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini