Wednesday, September 26, 2012

Ada yang lain, selain Pura





Indonesia jaya, Indonesia luas, Indonesia kaya, Indonesia subur, dan ada yang bilang Indonesia uniik.Karena keanekaragamannyalah Indonesia itu menjadi sebuah negara yang unik. Sebagai contoh keanekaragaman itu adalah adanya umat Hindu suku Bali, Bugis, Batak, Tana Toraja, Ambon, Jawa dan sebagainya.Dari kesekian suku itu semuanya memiliki ciri khas tersendiri yang disesuaikan dengan kebudayaan masyarakat setempat, terutama dalam bentuk tempat sucinya. Bentuk-bentuk tempat suci Umat Hindu yang digunakan untuk memuja kebesaran Ida Sanghyang Widhi seperti ;





1.      Gunung > Gunung merupakan bagian alam semesta yang diciptakan oleh Tuhan, hingga saat ini Umat Hindu meyakini keberadaan gunung adalah sebagai tempat atau linggih Ida Sanghyang Widhi, seperti Umat Hindu di India memandang bahwa Gunung Mahameru adalah simbul alam semesta sehingga puncaknya disimbulkan sebagai tempat bersemayamnya Tuhan beserta segala manifestasinya. Demikian pula di Indonesia seperti Jawa > Gunung Semeru,  bahkan di Lumajang Jatim dibangun sebuah pura yang diberi nama Pura Semeru Agung. Bentuk bangunan puranya berupa padmasana. [Padmasana berasal dari Bahasa Kawi, menurut Kamus Kawi-Indonesia yang disusun oleh Prof. Drs. S. Wojowasito (Penerbit CV Pengarang, Malang, 1977) terdiri dari dua kata yaitu: “Padma” artinya bunga teratai, atau bathin, atau pusat. “Sana” artinya sikap duduk, atau tuntunan, atau nasehat, atau perintah. Dengan demikian Padmasana adalah simbol yang menggambarkan kedudukan Hyang Widhi sebagai bunga teratai, atau dapat juga dikatakan bahwa Padmasana sebagai tuntunan batin atau pusat konsentrasi  (sumber > http://stitidharma.org/padmasana/)]


2.      Candi > Candi merupakan salah satu karya manusia, yang menurut pandangan Hindu adalah simbul alam semesta. Candi memiliki nilai relegi yang tinggi.Pada zaman raja-raja Hindu di Indonesia, upaya dan usaha untuk membangun candi tumbuh dan berkembang amat pesat, antara lain ; Candi Badut, Candi Kalasan, Candi Prambanan, Candi Penataran, Candi Bajang Ratu, Candi Singosari, dsb. Dan saat ini candi-candi tersebut dipakai sebagai cagar budaya disamping sebagai tempat sembahyang Umat Hindu.
3.      Pemalaran > tempat suci di Tana Toraja, Bolo Lompoe > tempat suci suku Bugis.
4.      Bali > tempat suci Umat Hindu di Kalimantan Selatan (Desa Pembakutan, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah)
5.      Tempat suci di Pulau Buru Maluku Selatan (Ambon), tempat sucinya ada 3 macam ;  a. Untuk memuja Opo Jolas Tala (Tuhan) bernama Hom Sikit, b. Untuk memuja Gebjaji (Para Dewa) tempat sucinya bernama Hom Pijit,  c. Untuk memuja Mamena (Leluhur) tempat sucinya bernama Hom Aun.
6.      Tempat suci di Blitar Jatim > istilahnya bernama Sanggar berbentuk seperti pura/ bangunan padmasana untuk memuja Tuhan atau nama lainnya disebut Gusti. Upacaranya bernama Kenduri > memakai tumpang, nasi gurih, ayam panggang.                                

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini