Friday, August 3, 2018

Pakaian kerja itu namanya ambugan.


 
Desa Belimbing. Panorama alam persawahannya demikian indah banyak dikunjungi oleh para Wisman
 
Desa Belimbing. Panorama alam persawahannya demikian indah banyak dikunjungi oleh para Wisman
Long sleeves : lengan panjang , ya baju berlengan panjanglah yang cocok digunakan saat bekerja di sawah, dan memanglah demikian adanya para petani yang ulet di Desa Belimbing Pupuan Tabanan Bali dalam waktu waktunya beraktivitas di lahan garapannya. Tiada terpungkiri, selaksa lebih orang tahu bahwasanya Desa Belimbing itu merupakan wilayahnya kabupaten kota pelangi Tabanan yang notabene sebagai lumbung berasnya tanah Bali. Dan Desa Belimbing sendiri merupakan salah satu kantong berasnya Tabanan beserta desa-desa lainnya di wilayah Tabanan nan subur, Desa Belimbing ada di kaki gunung Batukaru nan membiru lantaran terbias dari warna hijau pepohonan yang rimbun subur lestari berpadu mendukung keindahan alam yang ada, lembah ngarailah sebagai motifnya.


Contoh pakaian kerja petani (Ambugan) model long sleeves.
Contoh "ambugan"
Desa Belimbing (Subak Teben Telabah). Para petani menjemur ambugannya di gubuk sawah mereka, gubuk sawahnya itu untuk menaruh padi sebentar seusai panen sebelum di bawa ke rumah, gubuk sawah itulah yang dinamakan "Kubu Sigian"


Beraktivitas dalam artian bekerja, tentulah mengenakan pakaian khusus sesuai dengan jenis aktivitas yang dilakoni. Misalnya sebagai bengkel, sebagai dokter, serta aktivitas lainnya, khususnya mereka yang pekerjaannya sebagai petani juga memiliki pakaian kerja (pakaian pengganti sebelum beraktivitas). Pakaian kerjanya itulah yang basah kering di badan, lusuh memang tapi para petani itu amat senang memakainya, kalau di Bali pakaian kerja petani itu dinamakan “ambugan” khususnya para petani yang mengerjakan tanah sawah. Tiada terpungkiri para wisman yang berlibur ke Bali amat doyan berselfi ria dengan para petani yang tengah mengenakan pakaian ambugannya itu, dengan berlatar belakangkan panorama alam persawahan Bali yang indah (riilnya sawah di  Desa Belimbing).


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini