Flickr

Gambar tempel itu namanya kolase




Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi perasaan indah itu, seni (Ki Hajar Dewantara )


 
Kolase berbahan  alami biji-bijian dan beras diwarnai, karya siswa SMPN 2 Pupuan (Bipan)
Di dalam kita melakoni yang namanya kehidupan tentulah  aneka jenis perasaan kita nikmati, ada suka, ada sedih, ada rindu, dan banyak yang bilang bahwa yang bersangkutan tengah dilanda kegalauan. Itu semua bumbunya kehidupan  selama kita menjalani hukum karma di maya pada ini. Khusus tentang rasa sedih/ berduka tentu lambat laun akan berubah ke hal yang lebih baik katakanlah yang namanya kegembiraan akan di jumpai. Kita semua (seseorang itu ) untuk selalu dapat tersenyum dalam artian dapat dikatakan gembira paling tidak hati kita dapat dikatakan berbunga-bunga tentualah yang namanya hiburan (penghibur) selalu dapat dinikmati misalnya, dengan rekreasi, menikmati karya-karya seni yang diciptakan oleh mereka mereka bertangan luwes terampil. Yang namanya seni itu merupakan ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam berbagai kreasi berupa gerak, rupa, nada, syair yang mana kesemuanya mengandung unsur-unsur keindahan.
 
Kolase berbahan  alami biji-bijian dan beras diwarnai, karya siswa SMPN 2 Pupuan (Bipan)

Kolase berbahan  alami biji-bijian dan beras diwarnai, karya siswa SMPN 2 Pupuan (Bipan)
 
Kolase berbahan  alami biji-bijian dan beras diwarnai, karya siswa SMPN 2 Pupuan (Bipan)

kolase sederhana, buatan siswa kelas 3  SD Negeri 1 Belimbing, Pupuan, Tabanan An. Adhie Wisnu Mandara

Khusus ungkapan seni seseorang yang berjenis rupa  (orang menikmatinya dengan menyaksikan) yang mana merupakan manifestasi bathin dengan memakai media bidang, garis, warna, tekstur, volume bahkan gelap atau terangnya hasil seni itu, salah satunya yang lumayan populer adalah berupa gambar temple.Dijajaran pecinta seni (pembuat dan penikmat) menyebutnya  “kolase”  dengan bahan-bahannya yang beraneka macam yang di kelompokkan jadi dua bahan ( dari alam/alami dan dari bahan buatan/sentetis). Contoh dari bahan alam/alami : daun, serat kayu, kulit jagung, aneka biji-bijian termasuk beras dan sejenisnya, sedangkan dari bahan buatan/sentetis misalnya  : kain, dan kertas. Sejatinya segala sesuatu yang di kerjakan oleh tangan-tangan luwes terampil tentu menghasilkan karya seni nan elok indah, dan mampu memberikan suatu hiburan tersendiri bagi para pemandang/penikmatnya. Singkat/globalnya, gambar tempel / kolase baik yang berbahan alami atau buatan langkah pertamanya adalah harus menyiapkan bahan dan membuat pola gambar.

0 Response to "Gambar tempel itu namanya kolase"

Post a Comment

Baca juga yang ini