Thursday, November 26, 2015

Sanghyang…., Sanghyang….sesungguhnya Beliau itu satu/esa



Karena kemampuan untuk menggambarkanNya amat terbatas baik para orang suci dan para penganut ajaran Hindu namun mereka seyakin-yakinnya percaya bahwa mereka semua ada yang menciptakan maka sejak dahulu kala para orang suci Hindu diantaranya para Rsi, hanya mampu memberikanNya banyak sebutan/nama sesuai dengan fungsiNya. Para orang bijaksana di jajaran Hindu mengatakan “ekam sat wiprah bahuda wadanti “  ( hanya satu/ekam Sang Hyang Widhi/Sat=hakekat, hanya orang bijak sana /wiprah menyebutkan/wadanti dengan banyak nama/bahuda ). 

PenyebutanNya dengan banyak nama sesuai fungsi dan dan tempatnya dipuja, misalnya diyakini sebagai yang maha kuasa / Ida Sanghyang Widhi Wasa, sebagai maha pencipta / Sanghyang  Prama Kawi, sebagai penguasa laut/ Sanghyang Baruna, yang maha tunggal (esa )/Sanghyang Tunggal dan lain lainnya. Namun demikian dimanapun Beliau disembah/di puja sebenarnya tetap Beliau Yang Esa, lain tempat lain fungsi lain jua sebutan/panggilan untukNya tapi semua itu mencerminkan rasa hormat umat kepadaNya yang tiada terbatas orang tanah Bali bilang tiada ubahnya samudra tak bertepi / segara tanpa tepi. Sesuai keyakinan Hindu, disemua tempat yang dianggap suci (baca sakral) di sana pula Beliau di puja sesuai fungsinya  ( contoh di : Pura Puseh, Pura Desa, Perempatan jalan/catus pata, Kuburan (pembakaran jenazah,penguluning setra), Laut, Langit, semua parahyangan, jurang, sungai, sawah/tegalan, bahkan di tempat beras/pulu, dapur, hingga di Sanggar/sanggah kemulan. ) Sekali lagi, Beliau yang dipuja tetap satu/diriNya.


Umat Hindu khususnya Hindu Bali meyakini bahwa yang mereka sembah/puja di sanggar/sanggah kemulan adalah roh suci para leluhurnya yang mana sebelumnya telah melawati suatu proses yang menyebabkan beliau yang di sthanakan di sanggah kemulan layak untuk di sembah/dipuja diantaranya lewat upacara keagamaan ngaben, memukur, serta nuntun dewa hyang. Yang di puja di sanggah kemulan adalah para leluhur sesungguhnya berasal dari asal mula penjelmaan/mulaning dadi yang tidak lain adalah dari Ida Sanghyang Widhi Wasa, karena beliaulah asal mula dari segalanya. Sebagai contoh lain bahwa Hyang Widhi itu Esa Umat Hindu menyebutnya sesuai tempat dimana Beliau di puja ; Saat beliau disembah di pura Puseh beliau diberi nama Sanghyang Triodasa Sakti, saat di Pura Desa beliau disebut Sanghyang Tri Upasdhana, di Bale Agung  Sanghyang Bhagawati, di Perempatan jalan/catus pata beliau disebut Sanghyang Catur Bhuana, saat di kuburan beliau di panggil Bhatari Dhurga, di penguluning setra beliau dinamakan Sanghyang Mrajapati, Sanghyang Taskarapati nama beliau kala beliau di langit, saatnya beliau bersthana di gunung Agung beliau disebut Sanghyang Giri Putri ( diyakini sebagai putra Bhatara Guru), saat di gunung lebah bernama Dewi Danu, sempat beliau menguasai jurang/lembah/sungai beliau disebut Bhatari Gangga, kala waktunya beliau di sawah/tegalan beliau dipanggil Bhatari Uma, Umat Hindu percaya, saat beliau dipuja di lumbung Bhatari Sri panggilan untukNya, kala beliau dipuja di dapur dengan sebutan Sanghyang Pawitra Saraswati, di periuk beliau diyakini sempat bersthana disebutlah Sanghyang Tri Merta/air,nasi, lauk. Lantas beliau bersthana di kemimitan bernama Aku Catur Bhoga dengan wujud laki perempuan juga banci. Sanghyang Tuduh nama beliau, di puja di sanggah kemulan : namaNya Sanghyang Atma/Sang Atma, pada ruang kemulan kanan sebagai bapak/Paratma, di ruang kemulan kiri sebagai ibu/siwatma, sedangkan di tengah dengan wujud Sanghyang/Sang Atma menjadi ibu bapak dalam wujud Sanghyang Tunggal mempersatukan raga/diri.

Edisi : Bulan Penuh/purnama sasih keenem tahun 2015.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini