Om Swastiastu kawan kawan BH..
saya mau tanya tentang yang dimaksud Cuntaka..kadang saya bingung jika ada saudara kita yg meninggal kenapa kita tidak boleh berdoa di pura selama 7hari dan jika seorang mangku memegang kaki dan memakan makanan yg disajenkan kepada yang meninggal tidak boleh ?? pdahal orang meninggal itu yg sebenarnya menuju tempat Tuhan dan kita doakan agar semakin sampai ke Tuhan dalam surganya..
apakh di India dan Di kitab Weda sendiri itu ada peraturan tersebut ??..atau hanya tradisi Bali saja yang dibawa ke jawa dll...
soalnya ini sempat menjadi pertanyaan n pembicaraan di Luar/dlam Umat ... dan masih bingung untuk menjelaskanya...
mohon saya diberi jawaban ya ??...saya bener2 bingung soalnya sebagai orang hindu jawa..
om santih santih santih om...
saya mau tanya tentang yang dimaksud Cuntaka..kadang saya bingung jika ada saudara kita yg meninggal kenapa kita tidak boleh berdoa di pura selama 7hari dan jika seorang mangku memegang kaki dan memakan makanan yg disajenkan kepada yang meninggal tidak boleh ?? pdahal orang meninggal itu yg sebenarnya menuju tempat Tuhan dan kita doakan agar semakin sampai ke Tuhan dalam surganya..
apakh di India dan Di kitab Weda sendiri itu ada peraturan tersebut ??..atau hanya tradisi Bali saja yang dibawa ke jawa dll...
soalnya ini sempat menjadi pertanyaan n pembicaraan di Luar/dlam Umat ... dan masih bingung untuk menjelaskanya...
mohon saya diberi jawaban ya ??...saya bener2 bingung soalnya sebagai orang hindu jawa..
om santih santih santih om...
tanggapan :
Budi Lana
cuntaka
atau sebel adalah keadaan tidak suci
mnurut pndangan agama hindu. apakah pemangku boleh memakan sesajen jenazah atau
memegang jenazah? sya akan jwb dg tegas yaitu tidak boleh krna pemangku sudah
mnjdi tapakan widhi. jika pemangku yg sudah mewinten memegang jenazah, maka
pawintenannya hrus diulang kembali atau disebut masepuh. pemangku tak akan
dosa, krna saat dilantik mnjdi mangku, beliau sudah mnyembah org tuanya dan
sodara2nya.
Candi
Kenapa
bila meninggal cuntake selama 7 hari???
Karena kita gak boleh memiliki rasa sedih bila sedang berhadapan dengan beliau...
Kita di kasi waktu 7hari untuk menghilangkan rasa sedih dan emosi di saat di tinggal orang tersayang.....
Gtu kata orang2 tua.....
Kalo pemangku sya sependapat dengan pak rudi...
Hehe....
Karena kita gak boleh memiliki rasa sedih bila sedang berhadapan dengan beliau...
Kita di kasi waktu 7hari untuk menghilangkan rasa sedih dan emosi di saat di tinggal orang tersayang.....
Gtu kata orang2 tua.....
Kalo pemangku sya sependapat dengan pak rudi...
Hehe....
Hartadi
Adi
Sempet
jd mslh soalnya saat si kakak yg sudah jd mangku dan sekeluarga yg hindu cm si
kakak..nah pda saat adiknya mninggal(katolik)..adik2 yg lain muslim..nah yg kakak
td kan katanya g boleh megang jenazah...lha trus yg lain pda sewot..mnghujat si
kakak....msak sma adik sendiri didiamkan..nyentuhpun g mau..pastinya jika kita
kehilangan saudara tercinta kita pasti memeluk mncium sambil mndoakan..
TuGeg Bulan
@HAHAHAAA........''CUNTAKA''(SEBEL/KOTOR).ADA
JUGA CUNTAKA RING DEWEK,PESEMETONAN.DEWEK,YEN KOTOR
KAIN/MENSITRUASI(WANITA),BOLEH'' SJ SEMBAHYANG asal DALAM DIRI KITA SUCI/TULUS
& TDK AJE WERA.YG MENJDKAN KOTOR KAIN KAN SANG PENCIPTA!.SEKARANG
TERGANTUNG MANAH/RASA...BEGITU PULA,KLO ADA KEMATIAN di KELUARGA=>BERDUDKA
KAN/SEDIH....KLO KITA MEBAKTI di PURA/MERAJAN/SANGGAH
KELUARGA,BOLEH....KOK!.KAN MEBAKTI/BERDO'A TUK DIRI SENDIRI,KELUARGA(bahkan yg
MENINGGAL) & TUK LINGKUNGAN SEKITARNYA....Intinya KETULUSAN HATI....Kenten
rawos nake LINGSIR/WIKAN...OM RAHA
Made
Supartika
Apapun
terlepas dari badan akan terjadi perasaan yang tidak nyaman..perasaan yang
tidak nyaman inilah yang disebut cuntaka...jika dalam situasi tidak nyaman kita
sembahynag ketidak nyamanan inilah yang muncul dalam hati dan pikiran kita dan
itu akan menjadi persembahan kita dan itu juga yang kita terima..rahajeng
Budi Lana
hartadi
adi@ khan saya sudah bilang bhwa pemangku tidak akan brdosa jika bliau tidak
mnyentuh mayat sodaranya, krna pd saat upacara pawintenan pemangku itu ada
istilah nyembah saudara waktu hidup. jdi jika sodaranya mati, tidak boleh
dipegang. all@ soal wanita haid sbnrnya boleh smbhyg tpi bukan brarti boleh ke
pura, secara etika bgitu.
Hartadi
Adi
Ni
tak tnya ya semisal bpk km mangku trus km meninggal secara otomatis bpk km
pasti mncium n memeluk jenzah km n yg pasti menangis..
Ni yg jd msalah umat lain akan berfikir aneh..n mnjadi cibiran lho..soalnya ni dah terjadi..tlong dipahami kata2 diats..bukan msalah dosanya...
Ni yg jd msalah umat lain akan berfikir aneh..n mnjadi cibiran lho..soalnya ni dah terjadi..tlong dipahami kata2 diats..bukan msalah dosanya...
Budi Lana
hartadi
adi@ anda brtanya di grup ekslusif milik bali, makanya saya jwb dg cara bali.
andai saja anda brtanya di grup hindu jawa, saya tak ikut campur. paman saya
juga pemangku memiliki tiga anak mningal. dia menangis, tpi tidak boleh
memegang jenazahnya. krna itu sumpah pemangku. klo tidak mau bgitu, mending jgn
jadi pemangku. maaf, klo jwbn saya tidak brkenan di hati anda, mohon jgn dibawa
ke tradisi anda.
GstLanang TriadnyanaPutra
keintiman
keluarga sebaiknya sudah bisa dilepas sejak dini.Mana ayah anda,mana ibu
anda?Ketika mata tertutup sudah tak saling mengenal lagi.Di kehidupan lampau
tak terhitung yg menjadi ibu anda,entah berwujud manusia atau hewan.Betapapun
baiknya anak anda,kakek nenek anda,yg pergi biarlah pergi.Ada yg malah setiap
hujan turun mengguyur kepala tak mau melepas,bukankah ini merongrong hidup
anda?Jadi manusia tentu pantas berbakti pada org tua dan sanak keluarga,tapi
jangan sampai terlalu melekat.Jika terlalu melekat,anda hitung berapa banyak
anggota keluarga anda,sebesar itu pula penderitaan anda ketika mereka harus
pergi suatu saat.
Gundala
Putera Petir
Hindu
bali mengenal Lontar khusus yg mengatur pedoman "Kepemangkuan" yaitu
Lontar Kusumadewa dan Sangkul Putih jdi stiap Pemangku wajib mempelajari dan
mematuhi apa yg tlah trsurat dalm lontar trsebut.
Nah skrang apakah Pemangku di jawa jg Berpedoman pd Lontar ini ????
Spengetahuan saya para Pemangku di jawa awalnya belajar di Bali..jadi sprtinya sama jg berpedoman pd lontar trse
Nah skrang apakah Pemangku di jawa jg Berpedoman pd Lontar ini ????
Spengetahuan saya para Pemangku di jawa awalnya belajar di Bali..jadi sprtinya sama jg berpedoman pd lontar trse
Ketut
Urip Darmadi
@
mas adi jalankan lah hindu itu sesuai adat setempat .maka mas tidak akan
binggung . krn hindu itu akan kuat apabila menyatu dengan kearifan lokal .
jangan pernah berkiblat kebali krn akan membingungkan mas sendiri . krn ada
contohnya spt hindudi lumajang , krn berkiblat kebali banyak pindah agama lagi
krn dibali beda pemahamannya
cuntaka atau sebel itu biasanya dibilang dibali kata sebel
diambil dari kata sebet artinya sedih . kl kita sedang sedih maka hati ini akan
galau maka tidak fokus untuk sembahyang . itu pengertian mohon dikoreksi .
KD Sunadra
hartadi@
kalo saya uraikan mengenai cuntaka ,nanti akan tdk sesuai dg budaya
setempat,krn ini sifatnya umum,pertanyaan yg ada di postingan beda dg sistem
cuntaka yg dilaksanakan di desa saya, masalah kematian, ada yg cuntaka se
banjar, se keluarga dadia,dan segaris keturunan(keluarga inti) dan sebatas
sepupu, dan pemangku akan cuntaka bila anggota serumah yg meninggal dan tdk
boleh memegang mayat,tdk boleh makan di tempat yg lg berduka(dalam artian
kundangan) krn itu adalah sesana kepemangkuan
Hartadi
Adi
Disaat
kami umat hindu jawa ke Bali kamipun mnjadi bali, tp disaat umat hindu balli
kejawa iapun tetap mnjadi bali..n mlh mngolok2 kami yg pdhal umat hindu jawa
adalh leluhur kalian..
Contoh saat budya bali dibawa ke lampung..y jelss salah n pasti mngundang emosi warga asli..smoga tidakk trrjadi lg bntrokan itu..weda adalh sumbrr utama kita..jdi leluhur agama kita berasal dr india..
Contoh saat budya bali dibawa ke lampung..y jelss salah n pasti mngundang emosi warga asli..smoga tidakk trrjadi lg bntrokan itu..weda adalh sumbrr utama kita..jdi leluhur agama kita berasal dr india..
KD Sunadra
hartadi@
hindu tdk sama dg agama lainnya , yg diseragamkan dlm hal budaya dan adat, dan
tdk akan mampu bertirtha yatra ke india utk menyucikan arwah kalo di bali ada
istilah nyegara gunung ;hartadi@ saya sering melihat hindu
jawa sembahyang di beberapa pura di bali utara dg budaya mereka , tdk
seorangpun yg melarang
Aris
Wijaya
xixixi...saya
baca dari awal. si TS kok ngotot ya pada pendiriannya tntang mangku yg megang
kaki orng mati?. jawa dan bali beda brooo..jangn di samakan.kok lhat bali?
hindu itu bukan bali bukan juga jawa. jadi sesuaikan dngn setempat saja. sperti
penjelasan tmen2 di atas.yg di sebutkan TS di atas itu tradisi hindu bali. krg
masalahnya. anda hindu jawa kok niru itu juga? jadiny anda bingung.anda brtanya
di sni sama orng bali. sudah di kasi jawaban kok merasa kurang. mending jangan
di tiru. gtu ja kok ruwet. xixixi...adehhh.. Aris Wijaya
xixixi...saya
baca dari awal. si TS kok ngotot ya pada pendiriannya tntang mangku yg megang
kaki orng mati?. jawa dan bali beda brooo..jangn di samakan.kok lhat bali?
hindu itu bukan bali bukan juga jawa. jadi sesuaikan dngn setempat saja. sperti
penjelasan tmen2 di atas.yg di sebutkan TS di atas itu tradisi hindu bali. krg
masalahnya. anda hindu jawa kok niru itu juga? jadiny anda bingung.anda brtanya
di sni sama orng bali. sudah di kasi jawaban kok merasa kurang. mending jangan
di tiru. gtu ja kok ruwet. xixixi...adehhh..
Dharma
Putra
cuntaka/sebel
sebenarnya adalah bentuk dri dispensasi krana
cuntaka/sebel=sebet=sedih/susah,,,jdi cuntaka berpengaruh pada pikiran sehingga
pda waktu ada kematian kita disarankan tidak sembhyng di pura krna pikiran
masih kacau tetapi sembahyang dirumah tidak masalah,,krana pura milik bnyak
rang sedangkn sembhyang adalah hubungn pribadi kita dengan tuhan,,,di bali dlm
mengmbil cuntaka tiap2 daerah berbeda2 ada 1 bulan 7 hari,,,ada yg 7 hari,,klo
ditempat saya semasih ada mayat dirumah semasih itu kita cuntaka,,,,begitu juga
dengan datang bulan/haid adalah bentuk dispensasi krana pda waktu haid
kesetabilan emosi sangat labil,,pada zaman dulu tidak ada pemablut jdi kdng2
darah tanpa disadari bisa menetes sehingga kelihatn tidk sopan tetapi zaman
sekarng sudah ada pembalut,klo dirumah boleh sembhayng klo dipura sebaiknya
sehabis haid krana pura milik orang bnyak jdi kita juga ikuti etika,bahkan di
bali wisatawan/bule saya lihat di pura besar berseliweran keluar msuk pura
entah mereka haid atau tidak,,,juga sebe/cuntakal krana kelahiran juga suatu
bentuk dispensasi,,,klo pemangku memng tidak boleh ikut mengurusi mayat,,klo
keparcayaan orang bali bila mayat itu sampai terkena air mata maka ruh/atma
orang yg meninggal akan sengsara di alam sana,,,,nah bila kasusnya seperti di
atas untuk menghormati keluarga kita yg beragama lain apalgi adik kandung
kita,,saran saya boleh saja menyentuh mayat tetapi setelah itu adakan
pewintenan kembali bisa menggunakan upacara yg paling kecil dlm mewinten....
Gundala
Putera Petir
Baiklah
krn diskusi ini terkesan buntu.sya mmberanikan diri utk menarik suatu
kesimpulan.
tapi sbelumnya sya prlu katakan orang bali yg hidup di Bali tdk akan berani smbarangan memutuskan hal ini[cuntaka} krn ini hak dan wewenang siwa masing2[Brahmana]
ada istilah Bisa dan Boleh itu beda jadi wlopun kita sngt faham tntang aturan agama/adat istisadat blom tentu boleh memutuskan suatu prkara trutama mslh padewasan[hari baik] dan cuntaka[kesebelan].
dan konsep Sukla[suci] dan Paridan/surudan/cemer[kotor] masih dipegang teguh masyrakat Bali smpai saat ini.
Jadi jgn heran jika benda2/peralatan yg dipakai ditempat suci akan dipisahkan dgn alat2 yg dipakai sehari2.
yg mudah saja...orang Bali[hindu] tidak akan di sembarangan tempat menjemur pakaian aplgi Nyulubin/lewat di bawah jemuran pakaian adlh sesuatu yg sngt tabu.
{Back to Topic] Kitab/Pustaka2 suci yg dipakai acuan dlm hal ini adlh
_Manawa DharmaSastra | saat jaman manu / satya yuga
_Parasara saat jaman kali yuga dimulai
_Agastya, Roga Sangara, Widhi Sastra.
_Catur Cuntakantaka,
_Catur Cuntaka.
_Pangalantaka.
Contoh :
Parasara Dharmasastra III.1-2
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Parasara Dharmasastra III.1-2
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Artinya :
Sekarang Aku akan menjelaskan tentang periode atau masa ketidaksucian seseorang yang berhubungan dengan kelahiran dan kematian (dari anggota keluarganya)
Masa kotor yang disebabkan oleh kelahiran atau kematian dalam keluarga, bagi kaum brahmana selama 3 hari, bagi ksatrya 12 hari, bagi vaisya 15 hari dan bagi sudra 30 hari, seperti yang ditetapkan oleh yang suci Parasara.
Keterangan : masing-masing golongan masyarakat lama masa kotor berbeda disebabkan karena tingkat kemampuan menyunyikan diri berbeda bagi golongan yang satu dengan golongan yang lainya
tapi sbelumnya sya prlu katakan orang bali yg hidup di Bali tdk akan berani smbarangan memutuskan hal ini[cuntaka} krn ini hak dan wewenang siwa masing2[Brahmana]
ada istilah Bisa dan Boleh itu beda jadi wlopun kita sngt faham tntang aturan agama/adat istisadat blom tentu boleh memutuskan suatu prkara trutama mslh padewasan[hari baik] dan cuntaka[kesebelan].
dan konsep Sukla[suci] dan Paridan/surudan/cemer[kotor] masih dipegang teguh masyrakat Bali smpai saat ini.
Jadi jgn heran jika benda2/peralatan yg dipakai ditempat suci akan dipisahkan dgn alat2 yg dipakai sehari2.
yg mudah saja...orang Bali[hindu] tidak akan di sembarangan tempat menjemur pakaian aplgi Nyulubin/lewat di bawah jemuran pakaian adlh sesuatu yg sngt tabu.
{Back to Topic] Kitab/Pustaka2 suci yg dipakai acuan dlm hal ini adlh
_Manawa DharmaSastra | saat jaman manu / satya yuga
_Parasara saat jaman kali yuga dimulai
_Agastya, Roga Sangara, Widhi Sastra.
_Catur Cuntakantaka,
_Catur Cuntaka.
_Pangalantaka.
Contoh :
Parasara Dharmasastra III.1-2
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Parasara Dharmasastra III.1-2
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Artinya :
Sekarang Aku akan menjelaskan tentang periode atau masa ketidaksucian seseorang yang berhubungan dengan kelahiran dan kematian (dari anggota keluarganya)
Masa kotor yang disebabkan oleh kelahiran atau kematian dalam keluarga, bagi kaum brahmana selama 3 hari, bagi ksatrya 12 hari, bagi vaisya 15 hari dan bagi sudra 30 hari, seperti yang ditetapkan oleh yang suci Parasara.
Keterangan : masing-masing golongan masyarakat lama masa kotor berbeda disebabkan karena tingkat kemampuan menyunyikan diri berbeda bagi golongan yang satu dengan golongan yang lainya
Budi Lana
klo
sdg cuntaka, boleh saja sembhyang atau mndkatkan diri pd tuhan. tpi tidak boleh
ke pura. alasannya, pura itu milik org bnyk. jika masyarakat tahu ada org
cuntaka atau wanita aids prgi ke pura, maka kalian hrus siap2 kena marah dri
masyarakat. secara
etika bgitu. khan di hindu diajarkan etika. seandainya pura itu hnya milik kamu
seorang, trserah anda mau ke pura pd saat cuntaka, silahkan saja. krna pura
milik anda sendiri.
Sumber : sebuah status FB + tanggapannya, group :
bangkinya hindu akun : Hartadi
Adi
No comments:
Post a Comment