Sunday, January 26, 2014

“ Cuntaka “ ( Hindu )





Om Swastiastu kawan kawan  BH..
saya mau tanya tentang yang dimaksud Cuntaka..kadang saya bingung jika ada saudara kita yg meninggal kenapa kita tidak boleh berdoa di pura selama 7hari dan jika seorang mangku memegang kaki dan memakan makanan yg disajenkan kepada yang meninggal tidak boleh ?? pdahal orang meninggal itu yg sebenarnya menuju tempat Tuhan dan kita doakan agar semakin sampai ke Tuhan dalam surganya..
apakh di India dan Di kitab Weda sendiri itu ada peraturan tersebut ??..atau hanya tradisi Bali saja yang dibawa ke jawa dll...
soalnya ini sempat menjadi pertanyaan n pembicaraan di Luar/dlam Umat ... dan masih bingung untuk menjelaskanya...

mohon saya diberi jawaban ya ??...saya bener2 bingung soalnya sebagai orang hindu jawa..
om santih santih santih om...



tanggapan  :

Budi Lana cuntaka atau sebel adalah  keadaan tidak suci mnurut pndangan agama hindu. apakah pemangku boleh memakan sesajen jenazah atau memegang jenazah? sya akan jwb dg tegas yaitu tidak boleh krna pemangku sudah mnjdi tapakan widhi. jika pemangku yg sudah mewinten memegang jenazah, maka pawintenannya hrus diulang kembali atau disebut masepuh. pemangku tak akan dosa, krna saat dilantik mnjdi mangku, beliau sudah mnyembah org tuanya dan sodara2nya.
Candi Kenapa bila meninggal cuntake selama 7 hari???
Karena kita gak boleh memiliki rasa sedih bila sedang berhadapan dengan beliau...
Kita di kasi waktu 7hari untuk menghilangkan rasa sedih dan emosi di saat di tinggal orang tersayang.....
Gtu kata orang2 tua.....
Kalo pemangku sya sependapat dengan pak rudi...
Hehe....
Hartadi Adi Sempet jd mslh soalnya saat si kakak yg sudah jd mangku dan sekeluarga yg hindu cm si kakak..nah pda saat adiknya mninggal(katolik)..adik2 yg lain muslim..nah yg kakak td kan katanya g boleh megang jenazah...lha trus yg lain pda sewot..mnghujat si kakak....msak sma adik sendiri didiamkan..nyentuhpun g mau..pastinya jika kita kehilangan saudara tercinta kita pasti memeluk mncium sambil mndoakan..
TuGeg Bulan @HAHAHAAA........''CUNTAKA''(SEBEL/KOTOR).ADA JUGA CUNTAKA RING DEWEK,PESEMETONAN.DEWEK,YEN KOTOR KAIN/MENSITRUASI(WANITA),BOLEH'' SJ SEMBAHYANG asal DALAM DIRI KITA SUCI/TULUS & TDK AJE WERA.YG MENJDKAN KOTOR KAIN KAN SANG PENCIPTA!.SEKARANG TERGANTUNG MANAH/RASA...BEGITU PULA,KLO ADA KEMATIAN di KELUARGA=>BERDUDKA KAN/SEDIH....KLO KITA MEBAKTI di PURA/MERAJAN/SANGGAH KELUARGA,BOLEH....KOK!.KAN MEBAKTI/BERDO'A TUK DIRI SENDIRI,KELUARGA(bahkan yg MENINGGAL) & TUK LINGKUNGAN SEKITARNYA....Intinya KETULUSAN HATI....Kenten rawos nake LINGSIR/WIKAN...OM RAHA

Made Supartika Apapun terlepas dari badan akan terjadi perasaan yang tidak nyaman..perasaan yang tidak nyaman inilah yang disebut cuntaka...jika dalam situasi tidak nyaman kita sembahynag ketidak nyamanan inilah yang muncul dalam hati dan pikiran kita dan itu akan menjadi persembahan kita dan itu juga yang kita terima..rahajeng
Budi Lana hartadi adi@ khan saya sudah bilang bhwa pemangku tidak akan brdosa jika bliau tidak mnyentuh mayat sodaranya, krna pd saat upacara pawintenan pemangku itu ada istilah nyembah saudara waktu hidup. jdi jika sodaranya mati, tidak boleh dipegang. all@ soal wanita haid sbnrnya boleh smbhyg tpi bukan brarti boleh ke pura, secara etika bgitu.
Hartadi Adi Ni tak tnya ya semisal bpk km mangku trus km meninggal secara otomatis bpk km pasti mncium n memeluk jenzah km n yg pasti menangis..

Ni yg jd msalah umat lain akan berfikir aneh..n mnjadi cibiran lho..soalnya ni dah terjadi..tlong dipahami kata2 diats..bukan msalah dosanya...
Budi Lana hartadi adi@ anda brtanya di grup ekslusif milik bali, makanya saya jwb dg cara bali. andai saja anda brtanya di grup hindu jawa, saya tak ikut campur. paman saya juga pemangku memiliki tiga anak mningal. dia menangis, tpi tidak boleh memegang jenazahnya. krna itu sumpah pemangku. klo tidak mau bgitu, mending jgn jadi pemangku. maaf, klo jwbn saya tidak brkenan di hati anda, mohon jgn dibawa ke tradisi anda.
GstLanang TriadnyanaPutra keintiman keluarga sebaiknya sudah bisa dilepas sejak dini.Mana ayah anda,mana ibu anda?Ketika mata tertutup sudah tak saling mengenal lagi.Di kehidupan lampau tak terhitung yg menjadi ibu anda,entah berwujud manusia atau hewan.Betapapun baiknya anak anda,kakek nenek anda,yg pergi biarlah pergi.Ada yg malah setiap hujan turun mengguyur kepala tak mau melepas,bukankah ini merongrong hidup anda?Jadi manusia tentu pantas berbakti pada org tua dan sanak keluarga,tapi jangan sampai terlalu melekat.Jika terlalu melekat,anda hitung berapa banyak anggota keluarga anda,sebesar itu pula penderitaan anda ketika mereka harus pergi suatu saat.
Gundala Putera Petir Hindu bali mengenal Lontar khusus yg mengatur pedoman "Kepemangkuan" yaitu Lontar Kusumadewa dan Sangkul Putih jdi stiap Pemangku wajib mempelajari dan mematuhi apa yg tlah trsurat dalm lontar trsebut.
Nah skrang apakah Pemangku di jawa jg Berpedoman pd Lontar ini ????
Spengetahuan saya para Pemangku di jawa awalnya belajar di Bali..jadi sprtinya sama jg berpedoman pd lontar trse
Ketut Urip Darmadi @ mas adi jalankan lah hindu itu sesuai adat setempat .maka mas tidak akan binggung . krn hindu itu akan kuat apabila menyatu dengan kearifan lokal . jangan pernah berkiblat kebali krn akan membingungkan mas sendiri . krn ada contohnya spt hindudi lumajang , krn berkiblat kebali banyak pindah agama lagi krn dibali beda pemahamannya
cuntaka atau sebel itu biasanya dibilang dibali kata sebel diambil dari kata sebet artinya sedih . kl kita sedang sedih maka hati ini akan galau maka tidak fokus untuk sembahyang . itu pengertian mohon dikoreksi .
KD Sunadra hartadi@ kalo saya uraikan mengenai cuntaka ,nanti akan tdk sesuai dg budaya setempat,krn ini sifatnya umum,pertanyaan yg ada di postingan beda dg sistem cuntaka yg dilaksanakan di desa saya, masalah kematian, ada yg cuntaka se banjar, se keluarga dadia,dan segaris keturunan(keluarga inti) dan sebatas sepupu, dan pemangku akan cuntaka bila anggota serumah yg meninggal dan tdk boleh memegang mayat,tdk boleh makan di tempat yg lg berduka(dalam artian kundangan) krn itu adalah sesana kepemangkuan
Hartadi Adi Disaat kami umat hindu jawa ke Bali kamipun mnjadi bali, tp disaat umat hindu balli kejawa iapun tetap mnjadi bali..n mlh mngolok2 kami yg pdhal umat hindu jawa adalh leluhur kalian..
Contoh saat budya bali dibawa ke lampung..y jelss salah n pasti mngundang emosi warga asli..smoga tidakk trrjadi lg bntrokan itu..weda adalh sumbrr utama kita..jdi leluhur agama kita berasal dr india..
KD Sunadra hartadi@ hindu tdk sama dg agama lainnya , yg diseragamkan dlm hal budaya dan adat, dan tdk akan mampu bertirtha yatra ke india utk menyucikan arwah kalo di bali ada istilah nyegara gunung ;hartadi@ saya sering melihat hindu jawa sembahyang di beberapa pura di bali utara dg budaya mereka , tdk seorangpun yg melarang
Aris Wijaya xixixi...saya baca dari awal. si TS kok ngotot ya pada pendiriannya tntang mangku yg megang kaki orng mati?. jawa dan bali beda brooo..jangn di samakan.kok lhat bali? hindu itu bukan bali bukan juga jawa. jadi sesuaikan dngn setempat saja. sperti penjelasan tmen2 di atas.yg di sebutkan TS di atas itu tradisi hindu bali. krg masalahnya. anda hindu jawa kok niru itu juga? jadiny anda bingung.anda brtanya di sni sama orng bali. sudah di kasi jawaban kok merasa kurang. mending jangan di tiru. gtu ja kok ruwet. xixixi...adehhh.. Aris Wijaya xixixi...saya baca dari awal. si TS kok ngotot ya pada pendiriannya tntang mangku yg megang kaki orng mati?. jawa dan bali beda brooo..jangn di samakan.kok lhat bali? hindu itu bukan bali bukan juga jawa. jadi sesuaikan dngn setempat saja. sperti penjelasan tmen2 di atas.yg di sebutkan TS di atas itu tradisi hindu bali. krg masalahnya. anda hindu jawa kok niru itu juga? jadiny anda bingung.anda brtanya di sni sama orng bali. sudah di kasi jawaban kok merasa kurang. mending jangan di tiru. gtu ja kok ruwet. xixixi...adehhh..
Dharma Putra cuntaka/sebel sebenarnya adalah bentuk dri dispensasi krana cuntaka/sebel=sebet=sedih/susah,,,jdi cuntaka berpengaruh pada pikiran sehingga pda waktu ada kematian kita disarankan tidak sembhyng di pura krna pikiran masih kacau tetapi sembahyang dirumah tidak masalah,,krana pura milik bnyak rang sedangkn sembhyang adalah hubungn pribadi kita dengan tuhan,,,di bali dlm mengmbil cuntaka tiap2 daerah berbeda2 ada 1 bulan 7 hari,,,ada yg 7 hari,,klo ditempat saya semasih ada mayat dirumah semasih itu kita cuntaka,,,,begitu juga dengan datang bulan/haid adalah bentuk dispensasi krana pda waktu haid kesetabilan emosi sangat labil,,pada zaman dulu tidak ada pemablut jdi kdng2 darah tanpa disadari bisa menetes sehingga kelihatn tidk sopan tetapi zaman sekarng sudah ada pembalut,klo dirumah boleh sembhayng klo dipura sebaiknya sehabis haid krana pura milik orang bnyak jdi kita juga ikuti etika,bahkan di bali wisatawan/bule saya lihat di pura besar berseliweran keluar msuk pura entah mereka haid atau tidak,,,juga sebe/cuntakal krana kelahiran juga suatu bentuk dispensasi,,,klo pemangku memng tidak boleh ikut mengurusi mayat,,klo keparcayaan orang bali bila mayat itu sampai terkena air mata maka ruh/atma orang yg meninggal akan sengsara di alam sana,,,,nah bila kasusnya seperti di atas untuk menghormati keluarga kita yg beragama lain apalgi adik kandung kita,,saran saya boleh saja menyentuh mayat tetapi setelah itu adakan pewintenan kembali bisa menggunakan upacara yg paling kecil dlm mewinten....
Gundala Putera Petir Baiklah krn diskusi ini terkesan buntu.sya mmberanikan diri utk menarik suatu kesimpulan.
tapi sbelumnya sya prlu katakan orang bali yg hidup di Bali tdk akan berani smbarangan memutuskan hal ini[cuntaka} krn ini hak dan wewenang siwa masing2[Brahmana]
ada istilah Bisa dan Boleh itu beda jadi wlopun kita sngt faham tntang aturan agama/adat istisadat blom tentu boleh memutuskan suatu prkara trutama mslh padewasan[hari baik] dan cuntaka[kesebelan].
dan konsep Sukla[suci] dan Paridan/surudan/cemer[kotor] masih dipegang teguh masyrakat Bali smpai saat ini.
Jadi jgn heran jika benda2/peralatan yg dipakai ditempat suci akan dipisahkan dgn alat2 yg dipakai sehari2.
yg mudah saja...orang Bali[hindu] tidak akan di sembarangan tempat menjemur pakaian aplgi Nyulubin/lewat di bawah jemuran pakaian adlh sesuatu yg sngt tabu.

{Back to Topic] Kitab/Pustaka2 suci yg dipakai acuan dlm hal ini adlh

_Manawa DharmaSastra | saat jaman manu / satya yuga
_Parasara saat jaman kali yuga dimulai
_Agastya, Roga Sangara, Widhi Sastra.
_Catur Cuntakantaka,
_Catur Cuntaka.
_Pangalantaka.

Contoh :
Parasara Dharmasastra III.1-2

ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Parasara Dharmasastra III.1-2
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
ATAH SUDHIM PRAVAKSYAMI JANANE MARANE TATHA,
DINE TRAYENA SUYANTI BRAHMANAH PRETA SUTAKE.
KSATRYO DVADASA HENA VAISYAH PANCADASA HAKAH,
SUDRAH SUDEYATI MASENA PARASARA VACO YATAHA.
Artinya :
Sekarang Aku akan menjelaskan tentang periode atau masa ketidaksucian seseorang yang berhubungan dengan kelahiran dan kematian (dari anggota keluarganya)
Masa kotor yang disebabkan oleh kelahiran atau kematian dalam keluarga, bagi kaum brahmana selama 3 hari, bagi ksatrya 12 hari, bagi vaisya 15 hari dan bagi sudra 30 hari, seperti yang ditetapkan oleh yang suci Parasara.

Keterangan : masing-masing golongan masyarakat lama masa kotor berbeda disebabkan karena tingkat kemampuan menyunyikan diri berbeda bagi golongan yang satu dengan golongan yang lainya
Budi Lana klo sdg cuntaka, boleh saja sembhyang atau mndkatkan diri pd tuhan. tpi tidak boleh ke pura. alasannya, pura itu milik org bnyk. jika masyarakat tahu ada org cuntaka atau wanita aids prgi ke pura, maka kalian hrus siap2 kena marah dri masyarakat. secara etika bgitu. khan di hindu diajarkan etika. seandainya pura itu hnya milik kamu seorang, trserah anda mau ke pura pd saat cuntaka, silahkan saja. krna pura milik anda sendiri.

Sumber  : sebuah status FB + tanggapannya, group : bangkinya hindu akun : Hartadi Adi



No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini