Wednesday, September 26, 2012

"Sirih" tanaman asli Nusantara





Tanaman sirih adalah tanaman asli Indonesia. Tanaman ini banyak sekali mengandung manfaat, terutama pada Daun Sirih. Beberapa Manfaat Daun Sirih atau khasiat Daun Sirih seperti untuk jerawat atau untuk kecantikan dan dapat juga Menghilangkan Bau mulut dan juga bisa Menghilangkan Bau Ketiak.
Tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Pada sebagian masyarakat Indonesia, daun dan buah sirih biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun, dari hasil penelitian, seringkali mengunyah sirih telah dikaitkan dengan Penyakit Kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.


Daun sirih sangat terkenal karena manfaatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi. Ini karena minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Kegunaan sirih /  Base (bhs Bali) ;

Untuk Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

Untuk Diare
Ambil 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh

Untuk Sakit gigi
Pengobatan: Di kumur1. daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.2. Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya.Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.

Untuk Alergi Pengobatan
Bagian luar, di oleskan pada bagian yang gatalBahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

Untuk bronkhitis.
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

Untuk Keputihan
Ambil 7 – 10 lembar daun sirih.Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.



Nb >
 Untuk Umat Hindu Bali, daun  Sirih /base (bhs Bali) merupakan suatu benda yang harus ada karena sebagai bahan pokok untuk membuat porosan/tubungan. Porosan/tubungan adalah bahan pokok untuk membuat (dibaca nanding) Canang, dan banten lainnya. Ini juga merupakan budaya Bali yang menarik ( karena banten khususnya canang banyak daya tariknya > Canang itu seni/indah sesuai dengan daya cipta/kreasi pembuatnya)
 



No comments:

Post a Comment