Saturday, September 29, 2012

Desa Belimbing yang Harmoni

" Desa Belimbing"  Pura Luhur Mekori
" Desa Belimbing"  Pura Luhur Mekori
" Desa Belimbing"  Pura Luhur Mekori
" Desa Belimbing"  Pura Luhur Mekori


Kembali terpaparkan informasi tentang Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Di tahun 2012 yang menjadi perbekel di Desa Belimbing adalah Sdr. I Gusti Nyoman Omardani A.Ma. Letak Desa Belimbing di kaki Gunung Batukaru, gunung yang menghijau sepanjang tahun walaupun pada gambar-gambar peta Batukaru bertanda dengan segitiga warna merah. Hijau tidaklah berlebihan bila diartikan subur, karena memang demikianlah adanya Desa Belimbing merupakan kawasan yang subur di Kabupaten Kota Pelangi Tabanan. Desa Belimbing juga memiliki kawasan hutan lindung yang amat lestari, hutan lindung Pura Luhur Mekori. Air yang mengalir sepanjang tahun di area Desa Belimbing menjadi langgeng karena hutannya Gunung Batukaru dan hutan lindung Pura Luhur Mekori. Hutan lindung Pura Luhur Mekori di zaman pemerintahan presiden RI yang ke 2 : Bapak Presiden Soeharto pernah mendapatkan tropi “kalpataru” sebuah penghargaan yang lumayan bergengsi untuk keberhasilan menjaga lingkungan “lingkungan yang hijau”.

kantor Desa Belimbing, di Mekori
kantor Desa Belimbing, di Mekori


Air mengalir sampai jauh, pernah mendengar kata itu ?  Airnya Desa Belimbing memang mengalir sampai jauh, dari kawasan Pupuan hingga daerah Selemadeg Barat betapa tidak salah satu sumber air yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Tabanan bersumber di kawasan hutan lindung Pura Luhur Mekori. Air Belimbing berhasil menyirami tetanaman di kawasan Ampadan, Tiyinggading, Antosari, dan Soka (daearah pantai soka/payan). Belimbing bangga karena demi sahabat orang Belimbing sendiri iklas tidak memakai air itu (semoga kelak pahalanya besar).

"Desa Belimbing"    rute tracking yang menghasyikkan
mulai memasuki kawasan sejuk indah  "desa Belimbing"
panorama alam  "Desa Belimbing"
panorama alam  "Desa Belimbing"


Bila suatu saat nanti anda berlibur ( melepas kejenuhan ) ke daerah Belimbing (Desa Belimbing itu sebuah desa wisata lho), silahkan anda mengunjungi air terjun/singsing (bhs Bali) “sade” dan singsing “Benben” pemandangannya lumayan menarik, dan silahkan juga menikmati indahnya alam persawahan yang membuat anda betah di kawasan Belimbing.  Kebutuhan komunikasi anda tidak akan terlantar (kekurangan pulsa hp) bila anda berlibur ke Desa Belimbing, “Adhie Cell” sebuah konter pulsa di Desa Belimbing tepatnya di Banjar Dinas Durentaluh > melayani pulsa hp all operator. Sedangkan bila saatnya anda makan siang dan anda masih berada di Desa Belimbing mampirlah di > Warung Wisata, Warung Made, Warung Ikan Bakar khas Jimbaran. Bila hendak bermalam di daerah Desa Wisata Belimbing tempat bermalam yang menanti anda adalah : Villa Kebun, KCB hotel, home stay Ceti. ( Belimbing Harmoni menuju Tabanan Serasi bersama Ibu Bupati : Ni Putu Eka Wiryastuti/ bupati Tabanan di tahun 2012 ).-

panorama alam  "Desa Belimbing"
panorama alam  "Desa Belimbing"
panorama alam  "Desa Belimbing"
ada Sade water fall, di Desa Belimbing

saat petang di daerah Desa Belimbing


1.5 to 2 hours drive from Ngurah Rai Airport Internasonal to reach the village of Belimbing, Pupuan District, Tabanan regency.  Belimbing village is a tourist village on the island of Bali.

depan pura Luhur Mekori, Desa Belimbing
panorama alam desa Belimbing   "indah"
panorama alam desa Belimbing   "indah"


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini