Wednesday, May 22, 2013

Indriyani Graha (Hindu)



Indriyani Graha artinya humretang indriya yakni mengekang atau mengendalikan haw nafsu. Hawa nafsu adalah musuh yang terdekat, dihatilah tempatnya tidak jauh dari badan kita, pikiran itu merupakan sumbernya nafsu, ialah yang menggerakkan perbuatan yang baik maupun buruk.

Nafsu yang dianggap penyebab sorga ataupun neraka, keterangannya jika nafsu itu dikuasai pengendaliannya itulah merupakan sorga namanya, kalau tidak dapat dikuasai pengekangannya itulah merupakan neraka. Pikirkanlah senantiasa yang segera patut diusahakan pengendaliannya. Indriya itu adalah sorga dan neraka, sumber bahagia dan celaka.

Adapun pahala dari pengekangan nafsu itu adalah dirgayusa (panjang umur), tingkah laku baik, kuat pada yoga, kemasyuran, nama harum, dharma, artha itulah yang akan didapat sebagai pahala dari dapat dikuasai hawa nafsu itu. Kesabaran hati, itulah yang merupakan kekayaan yang sangat utama, itu adalah sebagai emas dan permata bagi orang yang mampu dalam memerangi kekuatan hawa nafsu : yang tidak ada melebihi kemulyaannya.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini