Saturday, September 29, 2012

Di saat "purnama kapat"





Di saat  Purnama Kapat di berbagai pura, dilaksanakan upacara piodalan. Seperti Pura Agung Dalem Tarukan Pejeng -Tampaksiring, Pura Rambut Siwi, Pura Batu Bolong Canggu Kuta, Pura Srijong Tabanan, Pura Lempuyang Madya, Pura Puncak Mundi Nusa Penida, Pura Penataran Ped, Pura Kahyangan Jagat Kancing Gumi, Pura Bhatara Tiga Sakti Penataran Besakih, Pura Pulaki Buleleng, Pura Tirta Empul Tampak Siring, dan Pura Ulun Danu Batur di Songan Kintamani. Selain itu, piodalan juga dilaksanakan pada berbagai pura paibon, kawitan maupun merajan.






Selain di Bali, umat Hindu di luar Bali juga menggelar piodalan seperti Pura Dukuh Segening Swantika Buana, Seputih Banyak Lampung Tengah, Pura Puseh Desa Mantawa Toili Sulawesi Tengah, Pura Penataran Agung Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, Pura Agung Surya Bhuana, Skyline Jaya Pura Papua, Pura Puseh Werdi Agung Demoga Bolang Mangondow Sulawesi Utara, dan Pura Meru Cakra Lombok.


Ida Pedanda Putra Keniten dari Gria Jumpung Dawan Kelod Klungkung menyatakan Purnama Kapat merupakan klimaks dari penyucian. Purnama Kapat juga dikenal dengan rahinan nadi. Oleh karena itu, dengan dasar dewasa yang suci, banyak pura yang melaksanakan piodalan pada hari tersebut. Selain itu, terkait dengan sejarah Bali, Purnama Kapat hari ini  merupakan waktu di mana Ida Pedanda Sakti Telaga mendapatkan penyucian tepat 500 tahun lalu.

Ketua Sabha Walaka PHDI Pusat sekaligus penceramah Hindu, Drs. I Ketut Wiana, M.Ag. menyatakan Purnama Kapat sangat istimewa karena merupakan waktu yang penuh berkah di mana merupakan bulan tumbuh dan mekarnya berbagai tumbuh-tumbuhan di bumi. Purnama pada sasih kapat sebagai waktu yang sangat baik dalam siklus bumi. 


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini