Saturday, September 15, 2012

BBM


Bahan bakar adalah segala materi yang bisa diubah menjadi suatu energy. Ada yang cair, padat, dan gas (LPG). Kita semua membutuhkan itu, kita telah ketergantungan dengan yang namanya bahan bakar untuk keperluan keseharian kita, paling tidak masyarakat desa memakai bahan bakar padat (kayu api). Untuk tambah info mari kita berbagi, berbagi itu amatlah indah demi kekeluargaan diantara kita :


Bahan bakar cair (BBM)

Minyak (petroleum) berasal dari kata-kata: Petro = rock (batu) dan leaum = oil (minyak)Minyak dan gas sebagian besar terdiri dari campuran molekul carbon dan hydrogen yang disebutdengan hydrocarbons. Minyak dan gas terbentuk dari siklus alami yang dimulai dari sedimentasisisa-sisa tumbuhan dan binatang yang terperangkap selama jutaan tahun. Pada umumnya terjadi jauh dibawah dasar lautan. Material-material organik tersebut berubah menjadi minyak dan gasakibat efek combinasi temperatur dan tekanan di dalam kerak bumi. Kumpulan dari minyak dangas tersebut membentuk reservoir-reservoir minyak dan gas.BBM terdiri dari berbagai jenis hydrocarbons yang berasal dari minyak bumi, dan seringpula terdiri dari campuran-campuran lain. Sifat mudah menguap di dalam mesin menentukan jenis hydrocarbons dan campuran yang digunakan pada BBM. Sifat mudah menguap tersebutdisebut dengan volatility. Karena minyak bumi mentah mempunyai kadar volatility yang lebihrendah dan tinggi dari BBM, maka BBM harus dipisahkan dari minyak bumi mentah melaluiproses destilasi, namun karena dengan proses tersebut jumlah BBM yang diperoleh sangatsedikit maka minyakk bumi mentah harus melalui proses penyulingan yang lebih komplek.Penyulingan minyak bumi mentah tersebut akan mengubah kadar volatility hydrocarbons yanglebih rendah atau lebih tinggi dari BBM menjadi sama dengan BBM.BBM yang dihasilkanmerupakan campuran dari hydrocarbon-hydrocarbon dengan kadar volatility yg sama.Komposisi dan sifat dari BBM ditentukan dari jenis dan kandungan minyak bumi mentahasalnya, metode penyulingan yang digunakan dan tergantung dari sifat zat-zat campuran yangditambahkan untuk meningkatkan mutu BBM.Minyak bumi terdiri dari bermacam-macam jenis hidrokarbon.

 
.Minyak bumi untuk dapat dikonsumsi sebagaimana mestinya perlu diolah, canggihnya teknologi dan semakin majunya beradaban manusia makanya minyak bumi dapat diolah sebagai kebutuhan sehari-hari. Minyak bumi yang telah diolah menghasilkan diantaranya :

Elpiji (liquid pressure gas) adalah bahan bakar gas yang dipakai dirumah tangga, restorandan kantor. Merupakan bahan bakar yang bersih dan praktis, sejenis bahan bakar gasyang juga digunakan untuk kendaraan disebut BBG dan ada juga yang digunakan sebagaibahan baku berbagai produk disebut LNG (liquid natural gas).

Gasoline adalah BBM yang banyak dibutuhkan, hampir 45% total produk minyak bumidiupayakan menjadi BBM ini. Produk ini kebanyakkan berasal dari proses sekunderkarena disaratkan angka oktannya harus tinggi. BBM ini di Indonesia disebut Premium,Super dan atau benzole. Penggunaannya untuk kendaraan penumpang, motor dan pesawat terbang yang tidak bermesin jet.Spesifikasi bahan bakar minyak ini antara lain 
 

Pertamak PlusAdalah bahan bakar motor bensin tanpa timbal yang diproduksi dari High Octane MogasComponent (HOMC) yang berkualitas tinggi ditambah dengan bahan aditif generasiterbaru sesuai dengan kebutuhan yang direkomendasikan pabrikan kendaraan bermotor.Bahan bakar ini diformulasikan khusus untuk memenuhi tuntutan akan bahan bakar minyak yang dapat melayani mesin yang bekerja pada konfresi tinggi tapi ramah lingkungan.


Minyak diesel (Solar), pemakaian BBM ini terus-menerus meningkat, karena makinpesatnya laju ekonomi. Penggunaan BBM ini untuk transportasi darat, laut dan mesin-mesin pembangkit tenaga listrik. Kendaraan penumpang, saat ini juga banyak yangmenggunakan solar, karena harga BBM ini relatif lebih murah


 Minyak pelumas merupakan sebagian kecil dari produk minyak bumi. Namun merupakanproduk yang paling penting karena diperlukan untuk melumasi permukaan bagian mesinyang saling, bergesekan dan bergerak untuk mencegah keausan. Misalnya silinder motorbakar, turbin, gear-box dan sebagainya








No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini