Karena kemampuan untuk menggambarkanNya amat terbatas
baik para orang suci dan para penganut ajaran Hindu namun mereka
seyakin-yakinnya percaya bahwa mereka semua ada yang menciptakan maka sejak
dahulu kala para orang suci Hindu diantaranya para Rsi, hanya mampu
memberikanNya banyak sebutan/nama sesuai dengan fungsiNya. Para orang bijaksana
di jajaran Hindu mengatakan “ekam sat wiprah bahuda wadanti “ ( hanya satu/ekam Sang Hyang
Widhi/Sat=hakekat, hanya orang bijak sana /wiprah menyebutkan/wadanti dengan
banyak nama/bahuda ).
PenyebutanNya dengan banyak nama sesuai fungsi dan dan
tempatnya dipuja, misalnya diyakini sebagai yang maha kuasa / Ida Sanghyang
Widhi Wasa, sebagai maha pencipta / Sanghyang Prama Kawi, sebagai penguasa laut/ Sanghyang
Baruna, yang maha tunggal (esa )/Sanghyang Tunggal dan lain lainnya. Namun
demikian dimanapun Beliau disembah/di puja sebenarnya tetap Beliau Yang Esa,
lain tempat lain fungsi lain jua sebutan/panggilan untukNya tapi semua itu
mencerminkan rasa hormat umat kepadaNya yang tiada terbatas orang tanah Bali
bilang tiada ubahnya samudra tak bertepi / segara tanpa tepi. Sesuai keyakinan
Hindu, disemua tempat yang dianggap suci (baca sakral) di sana pula Beliau di
puja sesuai fungsinya ( contoh di : Pura
Puseh, Pura Desa, Perempatan jalan/catus pata, Kuburan (pembakaran
jenazah,penguluning setra), Laut, Langit, semua parahyangan, jurang, sungai,
sawah/tegalan, bahkan di tempat beras/pulu, dapur, hingga di Sanggar/sanggah
kemulan. ) Sekali lagi, Beliau yang dipuja tetap satu/diriNya.
Umat Hindu khususnya Hindu Bali meyakini bahwa yang
mereka sembah/puja di sanggar/sanggah kemulan adalah roh suci para leluhurnya
yang mana sebelumnya telah melawati suatu proses yang menyebabkan beliau yang
di sthanakan di sanggah kemulan layak untuk di sembah/dipuja diantaranya lewat
upacara keagamaan ngaben, memukur, serta nuntun dewa hyang. Yang di puja di
sanggah kemulan adalah para leluhur sesungguhnya berasal dari asal mula
penjelmaan/mulaning dadi yang tidak lain adalah dari Ida Sanghyang Widhi Wasa,
karena beliaulah asal mula dari segalanya. Sebagai contoh lain bahwa Hyang
Widhi itu Esa Umat Hindu menyebutnya sesuai tempat dimana Beliau di puja ; Saat
beliau disembah di pura Puseh beliau diberi nama Sanghyang Triodasa Sakti, saat
di Pura Desa beliau disebut Sanghyang Tri Upasdhana, di Bale Agung Sanghyang Bhagawati, di Perempatan jalan/catus
pata beliau disebut Sanghyang Catur Bhuana, saat di kuburan beliau di panggil
Bhatari Dhurga, di penguluning setra beliau dinamakan Sanghyang Mrajapati,
Sanghyang Taskarapati nama beliau kala beliau di langit, saatnya beliau
bersthana di gunung Agung beliau disebut Sanghyang Giri Putri ( diyakini
sebagai putra Bhatara Guru), saat di gunung lebah bernama Dewi Danu, sempat
beliau menguasai jurang/lembah/sungai beliau disebut Bhatari Gangga, kala
waktunya beliau di sawah/tegalan beliau dipanggil Bhatari Uma, Umat Hindu
percaya, saat beliau dipuja di lumbung Bhatari Sri panggilan untukNya, kala
beliau dipuja di dapur dengan sebutan Sanghyang Pawitra Saraswati, di periuk
beliau diyakini sempat bersthana disebutlah Sanghyang Tri Merta/air,nasi, lauk.
Lantas beliau bersthana di kemimitan bernama Aku Catur Bhoga dengan wujud laki
perempuan juga banci. Sanghyang Tuduh nama beliau, di puja di sanggah kemulan :
namaNya Sanghyang Atma/Sang Atma, pada ruang kemulan kanan sebagai
bapak/Paratma, di ruang kemulan kiri sebagai ibu/siwatma, sedangkan di tengah
dengan wujud Sanghyang/Sang Atma menjadi ibu bapak dalam wujud Sanghyang
Tunggal mempersatukan raga/diri.
Edisi : Bulan Penuh/purnama sasih keenem tahun 2015.
No comments:
Post a Comment