Monday, September 23, 2013

Di Universitas Pendidikan Ganesha



Pembelajaran merupakan suatu proses dalam kegiatan belajar mengajar. Proses belajar yang kreatif serta inovatif diperlukan guna mengkonstruksi pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, pengetahuan yang terkonstruksi akan menjadikan siswa lebih memahami serta meningkatkan daya ingatnya. Pengetahuan akan terkonstruksi dengan melakukan pengalaman secara langsung, pengalaman langsung itu dapat berupa mengenalkan dan menggunakan berbagai media yang terkait serta punya peranan pada kegiatan belajar.

Salah satu serana untuk dapat mencapai tujuan tersebut adalah dengan menyaksikan “pameran media pembelajaran dan alat-alat laboratorium” (open house). Open house yang menyajikan berbagai media pembelajaran khususnya biologi serta alat-alat laboratorium biologi, merupakan sarana edukatif yang nyata memberikan pengalaman pembelajaran bagi siswa menuju hasil belajar yang optimal. Berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi  menyelenggarakan Pameran Media Pembelajaran dan Alat-alat Laboratorium. Salah satu tujuan open house ini adalah, pengabdian pada masyarakat (khususnya masyarakat pendidikan, yakni para siswa dan guru), dalam rangka optimalisasi pemanfaatan serana laboratorium guna menunjang pembelajaran biologi.

Manfaat yang dapat dipetik dengan kegiatan open house adalah :
1.      Bagi siswa, sebagai media pengalaman lapangan dan sumber belajar biudang ilmu biologi dalam rangka menambah wawasan dan ilmu pengetahuan siswa umumnya bidang sains.
2.      Bagi Mahasiswa, dapat dipakai sebagai alternatif pemilihan serana belajar mengajar dalam rangka memenuhi konpetensi guru yang memadai menuju pembelajaran yang optimal.

Kegiatan Open House dilaksanakan pada : Selasa, 12 -11- 2013, jam 09.00 wita s.d 15.00 wita dan Rabu, 13 -11- 2013, jam 08.00 s.d 15.00 wita. Tempat pelaksanaan  : Laboratorium Jurusan Biologi Kampus tengah, Universitas Penidikan Ganesha Jalan Udayana Singaraja Bali. [ Contact person : 0857920400787 dan 08970842014 ]

Ruang-ruang yang dapat dikunjungi ;
1.      Ruang botani > panorama taman mini, aneka tanaman hias dan obat, pameran praktikum sederhana, games botani, mengamati stomata, trikomata, dll, rumus bunga
2.      Ruang Zoologi > teater film bertemakan zoologi, aneka rupa awetan basah dan kering hewan, games zoologi, dll
3.      Ruang Mikrobiologi > aneka rupa peralatan lab mikrobiologi bioteknologi, bioplastik, mikrobiologi bakteri (preparat bakteri,pewarnaan, penghitungan bakteri, teknis dan proses pembuatan preparat bakteri, games  mikrokbiologi, dll
4.      Ruang Anatomi Fisiologi Manusia dan Ruang Ekologi
5.      Memamerkan aneka judul buku, dari beberapa pengarang dan penerbit, tersedia juga buku bacaan umum, buku agama, buku pelajaran untuk SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Umum, dll.

Datang dan saksikan >   Free n Gratis.




No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini