Monday, September 23, 2013

Cobalah pakai mentimun/ketimun (bhs. Bali)



Tidaklah merupakan rahasia lagi, kita semua yang hidup di era yang serba canggih ini bukannya merasa nyaman dengan fasilitas yang serba instan. Tidak hanya bagi golongan tua (kakek nenek), para golongan muda bahkan tiada jarang anak-anak juga merasakan berbagai keluhan / sakit dalam melewati hari-hari. Tidak salah mereka bilang, dokter kian banyak obat kian mujarab penyakitpun semakin banyak jenisnya bahkan ada suatu penyakit yang hingga kini belum dijumpai obatnya.

Pada suatu media surat kabar telah dinformasikan, bahwa ada sejenis buah yang harganya tidak demikian mahal namun kaya manfaat. Buah yang dimaksudkan adalah mentimun, orang Bali menamakannya “ketimun”. Tidak hanya rasanya yang segar, mentimun juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Sesering mungkinlah mengkonsumsi mentimun usahakan yang masih segar, rasakanlah manfaatnya ;
a.      Penyingkir racun, kandungan air pada mentimun berguna sebagai penyapu kotoran di tubuh. Mentimun dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menunpuk dan tidak tercerna oleh tubuh, juga toksin yang lama mengendap, serta kesehatan ginjalpun akan terjaga.
b.      Asupan vitamin terpenuhi, sayuran yang beraroma khas ini mengandung vitamin A, B juga C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh, andapun lebih berenergi dan terlihat segar.
c.       Kesehatan fungsi cerna terjaga, karena kandungan airnya tinggi dan rendah kalori mentimun adalah makanan yang ideal kalau ada sedang dalam program menurunan berat badan. Kandungan seratnya baik untuk pencernaan juga dapat membantu mengatasi sembelit.
d.      Cegah diabetes, kurangi kolesterol >  Jus mentimun mengandung hormon yang diperlukan sel-sel dalam pankreas guna memproduksi insulin, makanya penderita diabetes baik mengkomsumsi mentimun. Kolesterol juga dapat diturunkan oleh kandungan zat pada mentimun, ada senyawa sterols dalam mentimun yang nyata-nyata membantu mengurangi tingkat kolesterol  dalam darah.
e.      Stabilkan tekanan darah  >  serat dan mineral potasium yang dikandung mentimun, juga magnesium bekerja efektif mengatur tekanan darah, makanya mentimun amat disarankan untuk dikonsumsi oleh para  penderita tekanan darah tinggi dan juga rendah.

Sumber  : koran bali post  17 -9- 2013.--

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini