Wednesday, August 28, 2013

“ seledri “



Kita ada di negeri yang kaya nan subur, saking suburnya tanah nusantara itu bahkan ada yang pernah bilang “ tongkatpun ditanam akan menjadi tanaman”. Dengan kesuburuan tanah persada tentu tidaklah sulit kita mendapatkan yang namanya tanaman obat, demikian juga dengan tanaman yang bernama seledri, seledri disamping pada umumnya dipakai sebagai penyedap masakan juga lumrah yang memakainya sebagai obat. Diantara penyakit yang dapat disembuhkan dengan tanaman seledri : penyakit kuning (hepatitis), juga dapat membantu anda untuk mengatasi kulit berminyak.


Yang namanya penyakit kuning (hepatitis), penderitanya mau tidak mau haruslah banyak istirahat serta mengkonsumsi obat secara teratur yang umumnya butuh waktu yang lumayan panjang ( rata-rata 3 bulan), maka tiada terpungkiri banyak biaya yang akan diperlukan. Kita semua tahu biaya pengobatan itu tidak jauh beda dengan biaya pendidikan ( jika saatnya tiba maka harus ada uang tidak perduli entah uang dari mana ). Diantara kesekian banyak ramuan yang telah ditemukan oleh para pendahulu kita, ada juga ramuan obat sakit kuning :  ¼ kg tiram kali/heramis dicuci bersih serta direbus dengan ½ gelas air yang telah diberi  daun seledri  secukupnya. Setelah masak ambillah airnya, minumlah pada penderita, lakukanlah setiap hari setelah bangun pagi, kian sering minum ramuan ini akan kian cepat nampak hasilnya.

Tentang kulit, banyak diantara kita memiliki jenis kulit yang berminyak, jenis kulit ini biasanya agak sulit untuk merawatnya agar senantiasa nampak halus. Untuk mengatasi efek  dari kulit yang berminyak, janganlah anda sepelekan daun seledri. Seledri merupakan bahan penyegar yang bagus untuk menjadikan kulit muka yang berminyak menjadi lebih kering dan normal, amat bermanfaat untuk membersihkan iritasi-iritasi kecil. “ Seledri dicuci, masukkanlah kedalam mangkok kecil, dan tuangi air yang mendidih. Biarkan kira-kira 15 menit, maka akan tercium bau khas tanaman seledri, dengan demikian pembilas muka anda telah siap. Langkah berikutnya, keluarkan daun seledri, simpanlah air seduhan tadi dalam almari es. Pada malam hari, setelah muka dicuci bersih cecapi (olesi merata) seluruh muka dengan air seledri itu, biarkan hingga kering, baru cuci lagi hingga bersih.”

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini