Saturday, August 3, 2013

Rawa-rawa dan Sabana



Indonesia adalah merupakan sebuah negara kesatuan yang beriklim tropis, tropis boleh kita artikan bahwa suatu negara yang punya iklim tropis akan terterangi matahari sepanjang tahun. Karena ada sinar matahari sepanjang tahun maka keadaan lingkungan Indonesia jadi terlengkap dibandingkan dengan negara-negara lain di  daerah-daerah mendekati kutub, baik kutub selatan maupun kutub utara. Misalnya Indonesia itu punya aneka hutan nan lebat, danau-danau yang tetap berair, sungai, lembah dan ngarai yang sedemikian menawan, gunung-gunung hijau juga dimiliki Indonesia. Karena lengkapnya Indonesia juga memiliki suatu daerah yang bernama : rawa-rawa dan sabana. Diantara kita utamanya adik-adik kita yang masih di bangku sekolah tidaklah tahu persis apa itu rawa-rawa dan apa pula itu sabana?

1.      Rawa-rawa, Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki rawa-rawa terluas di dunia. Rawa-rawa bercirikan oleh tergenangnya air di suatu tempat sepanjang tahun, air di daerah rawa-rawa tidak mengalir melainkan tetap tergenang. Tanaman khas rawa-rawa adalah pohon bakau dan tanaman pakis. Dengan hewan khasnya adalah arwana, kepiting bakau, serta berang-berang. Tanah rawa merupakan tanah gambut, di musim kemarau air rawa akan mengering dengan keringnya air rawa itu jadi tanah gambut itupun akan mudah terbakar. Terbakarnya lahan lahan gambut biasanya disebabkan oleh sinar matahari dan juga sengaja oleh manusia.

contoh : daerah sabana
2.      Sabana, merupakan suatu daerah padang rumput yang diselingi pohon-pohonan atau semak-semak. Kawasan ini akan terjadi karena di daerah tersebut mengalami musim hujan yang amat singkat. Sabana di Indonesia banyak kita jumpai di Nusa Tenggara, dan Sumbawa. Jika suatu ketika musim hujan lebih sedikit maka tidak akan kita jumpai pepohonan, sabana yang ada hanya berupa padang rumput. Umumnya rumput di sabana tidaklah hijau, karena kering rumputnya berwarna hijau kecoklat-coklatan.


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini