Thursday, April 25, 2013

Teh untuk kesehatan


Teh adalah minuman yang dikenal  kaya akan antioksidan yang  amat baik bagi tubuh, anti oksidan pada teh epigallocatechin  gallate (EGCC) akan bermanfaat mencegah dan mematikan sel-sel kanker pada tubuh.  Konsumsi teh dengan tujuan ini sebaiknya dikonsumsi tanpa menggunakan gula, dan bukanya teh celup melainkan teh alami berupa daun-daun  untuk direndam.

Dipercaya dengan meminum  secangkir teh perhari dapat membantu melindungi diri dari penyakit karbodiovaskuler. Teh mengandung flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricitin yang bermanfaat untuk meningkatkan reaktifitas pembuluh darah, penurunkan tekanan darah dan pengerasan pada arteri, yang berdampak pada kesehatan jantung. Kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh hijau yaitu EGCG berguna untuk menyusutkan tumor. Jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah adalah teh hitam. Dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur  maka anda bisa menurunkan tekanan darah.

Sesuai uji klinis yang dilakukan Universitas Jenewa dan universitas Birmingham, teh hijau bermanfaat meningkatkan metabolisme, kecepatan oksidasi lemak, sensitivitas insulin, serta toleransi glukosa. Kandungan polifenol katekin pada teh hijau bersifat thermogenesis (menghangatkan tubuh), dan berguna meningkatkan pengeluaran energi. Juga terbukti dengan minum teh hitam dapat menurunkan hormon stres yang muncul saat seseorang mengalami stres. Menurut para peneliti dari universas Illinois  di Chicago, polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap, dan dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Selain bermanfaat, ada dua kandungan dalam teh kurang bermanfaat, kafein dan tannin. Kafein dapat menghambat proses penyerapan makanan, merangsang kontraksi rahim pada wanita, dan mengganggu produksi kelenjar penghasil susu ibu. Tanin dapat mempengaruhi penyerapan vitamin B dan zat besi yang ada dalam makanan, dan memudahkan terserang anemia atau kurang darah,.---

Sumber  : tabloid  tokoh, 22 – 28/4/2013.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini