Thursday, April 25, 2013

“ Nikmatilah sisa yadnya “ (ajaran Hindu)



Umat Hindu menyadari tentang adanya beraneka ragam pemberian dari Hyang Widhi, dari orang tua atau leluhur, serta dari orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan. Berbagai pemberian ini dipandang sebagai hutang, atau ikatan yang lumrah disebut Rna merupakan tiga ikatan atau hutang yang hendaknya diperhatikan ;  1. Dewa Rna berarti kewajiban atau  ikatan hutang kepada Hyang  Widhi , beserta manifestasinya.  2.  Pitra Rna berarti kewajiban atau ikatan hutang kepada Pitara, leluhur, serta orang tua.  3.  Rsi Rna  berarti kewajiban atau ikatan hutang kepada para Rsi (orang suci).

Setiap umat Hindu mempunyai kewajiban  untuk melaksanakan yadnya, yang bertujuan untuk membalas hutang atau kewajiban berupa Rna yang merupakan suatu  hubungan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari seperti ;  Dewa Rna akan menimbulkan pelaksanaan  Dewa Yadnya serta Butha Yadnya, Rsi Rna akan menimbulkan pelaksanaan Rsi Yadnya, Pitra Rna akan menimbulkan pelaksanaan Pitra Yadnya dan Manusa Yadnya.

Sesungguhnya umat Hindu meyakini terciptanya manusia adalah berasal dari yadnyaNya, maka menjadi kewajiban manusia untuk melaksanakan yadnya atau persembahan kepada Hyang Widhi serta segala manifestasiNya  dengan jalan saling memelihara satu dengan yang lainnya, dengan demikian akan tercapai kebahagiaan  hidup bersama. “ Ia yang memakan sisa yadnya akan terlepas dari segala dosa, (tetapi) ia yang memasak makanan hanya bagi dirinya sendiri sesungguhnya makan dosa “ .  Kita dapati penegasan  bahwa umat manusia yang menikmati apa yang biasa tersisa  dari yadnya maka ia akan terlepas dari dosa. Sedangkan mereka yang menyediakan makanan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri tanpa terlebih dahulu mempersembahkannya  guna kepentingan yadnya maka ia makan dosanya sendiri. Nampaklah yadnya memiliki tujuan untuk melepaskan manusia dari ikatan dosa sehingga pada akhirnya tercapai kebahagiaan abadi yang merupakan tujuan agama Hindu.---

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini