Monday, April 29, 2013

Sebuah kota kecil, akan menjadi gerbang ke luar angkasa



 
"Space" foto : koran tokoh 31/12/12 - 6/1/2013.  

Kota kecil di Swedia bernama Arktik, Kiruna memiliki sebuah bandara Internasional dengan penerbangan reguler ke London dan Tokyo. Kini bandara tersebut berencana membuat program yang luar biasa besar, yakni menawarkan penerbangan ke ruang angkasa komersial.

Adalah Spaceport Sweden sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2007, berharap dapat melayani penerbangan pertama dalam satu dekade tersebut dari bandara Kiruna. Tengah dibuat penerbangan komersial dari Swedia ke ruang angkasa  guna kepentingan pariwisata dan penelitian. Pada nantinya turis antariksa akan lepas landas untuk perjalanan maksimal selama dua jam ke ruang angkasa, dengan pesawat luar angkasa canggih yang kini tengah menjalani pengujian. Pesawat tersebut memadukan pesawat biasa dengan pesawat ruang angkasa , dengan penumpang antara satu hingga enam orang. Penerbangan yang direncanakan membawa penumpang 100 Km di atas bumi, serta memungkinkan  mereka untuk menikmati sensasi lima menit mengambang di udara.

Letak Kiruna yang ada di ujung utara Swedia dan Eropa, membuatnya menjadi lokasi utama untuk penerbangan ruang angkasa. Penerbangan ruang angkasa ini tidak akan terganggu oleh lalu lintas udara yang sibuk, juga tidak akan mengganggu karena wilayah itu bukan daerah padat penduduk. Ruang yang terbuka lebar di perbatasan Swedia juga membuat wilayah tersebut tidak memiliki batasan birokrasi yang mesti diselesaikan dengan negara lain.

Sumber : koran/tabloid tokoh 31/12/2012 s.d 6/1/2013.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini