Tuesday, April 16, 2013

Persalinan ..........fasilitas kesehatan



Diperkirakan satu orang ibu meninggal setiap jam akibat kehamilan, bersalin, nifas, dan 400 bayi meninggal setiap jamnya. Sebagian besar kematian bayi disebabkan karena  Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), kesulitan bernafas  saat lahir 56% kala usia 0 s.d 28 hari. Sedangkan kematian bayi pada usia 1 s.d 12 bulan disebabkan oleh diare, dan pneumonia, makanya “mari kita dukung persalinan dapat ditolong oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan).


Pertolongan persalinan harus di tolong oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, dengan tujuan menurunkan kesakitan dan komplikasi persalinan, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat bila terjadi komplikasi, memberikan kenyamanan keamanan serta keselamatan kepada ibu hamil,bersalin, dan nifas.

Smua orang tahu jika seorang wanita tengah melangsungkan persalinan, tidak berlebihan bila dikatakan  si wanita tengah menghadapi maut orang Bali bilang “ megantung bok ekatih “. Dikatakan demikian karena persalinan itu banyak bahayanya : bayi tidak lahir dalam 12 jam sejak terasa mulai mulas, keluar darah dari jalan lahir sebelum melahirkan, tali pusat, tangan dan kaki bayi keluar terlebih dahulu dari jalan lahir, tidak kuat mengejan, mengalami kejang-kejang, air ketuban keruh dan berbau, air ketuban keluar dari jalan lahir sebelum terasa mulai mulas, setelah bayi lahir ari-ari tidak keluar, pendarahan setelah bayi lahir.

Semoga tidak menjadi kehendakNya, yang mesti dilakukan jika salah satu tanda bahaya diatas terjadi : Segera hubungi tenaga medis kesehatan (dokter, bidan,atau tenaga para medis),  ibu harus segra dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, usahakan agar ibu tetap tenang, suami atau keluarga menyiapkan orang-orang calon pendonor darah, menyiapkan ambulance desa sesuai karakteristik transportasi daerah, bagi yang tidak memiliki jaminan kesehatan apapun bisa memanfaatkan “Jampersal”.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini