Wednesday, April 17, 2013

Penyakit Ginjal



Banyaklah orang yang menderita penyakit ginjal, penyakit ginjal yang akut juga dikatakan gagal ginjal solusinya umumnya dengan cuci darah. Perlu kiranya kita tahu gejala-gejala dari penyakit ginjal itu : Muncul rasa sakit di salah satu sisi pinggang hingga ke pangkal paha kiri  yang bisa meluas ke kedua sisi pinggang, Nyeri pinggang hebat, seperti berdenyut dalam tempo yang lama atau terus menerus,  Terasa panas disekitar pinggang dan dalam kondisi yang lebih serius  akan terasa amat nyeri jika sedang mengangkat beban.

Yang namanya penyakit sesungguhnya dapat dicegah, demikian juga halnya dengan penyakit ginjal ;  jangan mengkonsumsi minuman beralkohol, terapkan pola makan yang sehat, usahakan kadar gula dan tensi darah senantiasa normal, minumlah air putih 8 s.d 10 gelas sehari, hindari minuman soft drink dengan bahan pengawet dan pewarna, janganlah mengangkat beban secara berlebihan.

Ada beberapa ramuan untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal ;
1.      Bahan : daun remujung 30 gr, tempuyung 30 gr,meniran 30 gr, daun dewa 30 gr, pegagan 30 gr, air 3 gelas (600 ml). Cara membuat : semua bahan dipotong dan dirajang kecil-kecil, cuci hingga bersih, rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, lalu disaring. Minumlah 2 kali sehari (pagi dan sore) sekali minum segelas.
2.      Bahan : daun sambiloto 30 gr, akar alang-alang 20 gr, tempuyung 30 gr, lempuyang 30 gr, buah mahkota dewa 15 gr, kunyit putih 30 gr, air 3 gelas (600 ml). Cara membuat :  semua bahan dicuci bersih dipotong dan dirajang kecil-kecil rebuslah hingga air rebusan 1,5 gelas, dan disaring, minumlah air rebusan yang telah dingin 3 kalai sehari, sekali minum setengah gelas.
3.      Jus buah dan sayuran juga ada untuk mengatasi saki ginjl ; bahan > tomat sebuah, lobak 2 jari, asparagus 3 batang, labu kuning3 jari,wortel 2 jari, air 1/3 gelas (75 ml), cara pembuatan : semua bahan dicuci bersih, dirajang atau diiris tipis, lalu diblender/dijus hingga lembut, minumlah setiap pagi hari sebelum makan.-

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini