Tuesday, April 16, 2013

Benar-benar sayang ? “ berikanlah ASI”




Tidaklah ada yang sampai tidak tahu yang disebut-sebut ASI, ASI/Air Susu Ibu merupakan makanan alamiah berupa cairan dengan kandungan gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.


Mungkin  atau sudah barang tentu kata “ASI eksklusif” juga tidak asing dipenderangan kita, di era yang serba instan ini di era yang serba maya ini, maya dalam artian segala informasi kita dapati di dunia internet, makanya zaman ini tidaklah ada sesuatu misteri yang tetap misteri. ASI eksklusif adalah merupakan suatu langkah pemberian air susu ibu saja kepada bayi usia 0 s.d 6 bulan, tidak diberi makanan atau minuman tambahan apapun, karena telah memenuhi segala kebutuhan bayi akan zat-zat makanan. Ketahuilah kapasitas lambung bayi yang baru lahir amat terbatas,hanya mampu menampung cairan sebanyak 10 s.d 20 ml (2 s.d 4 sendok teh)

Jika para ibu iklas memberikan ASI/ menyusui si kecil maka akan mendapatkan lebih dari dua keuntungan : meningkatkan daya tahan tubuh bayi, mengurangi resiko bayi terkena infeksi, bagi sang ibu dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan, dapat pula menunda kehamilan berikutnya.

Aneka tips bagi sang ibu penyayang si kecil ;
1.      Tips memperbanyak ASI ;  susuilah bayi segera setelah lahir, kosongkan payudara setelah bayi selesai menyusu, hindari pemberian makanan atau minuman tambahan, karena dapat mengurangi daya isap bayi, tidurlah sekurang-kurangnya 8 jam sehari, jagalah diri agar senantiasa ada dalam keadaan tenang, usahakan minum air putih 8 s.d 12 gelas sehari, konsumsilah makanan yang dapat memperbanyak ASI ;daun katuk,bunga/buah pepaya, bayam, kedelai jepang, kacang hijau,jambu air, labu siam, dll.
2.       Cara menyimpan ASI perah : mengeluarkan ASI sebaiknya memakai pompa listrik atau sistim perah 3 jari yang dapat dipelajari di klinik-klinik laktasi. Simpanlah ASI yang telah diperah dalam botol-botol kecil yang sudah dibersihkan/disterilkan. Tentang ketahanan ASI  :  ASI yang disimpan di rumah, pada tempat yang sejuk akan bertahan 6 s.d 8 jam. ASI yang disimpan di dalam termos berisi es batu, akan tahan 24 jam. ASI yang disimpan dalam almari es/kulkas akan tahan 3 kali 24 jam. ASI yang disimpan di freezer akan tahan sampai selama 2 minggu...


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini