Sunday, January 6, 2013

Aneka manfaat



Manfaat bunga kamboja, janganlah anda menyepelekan bunga kamboja. Tumbuhan yang banyak di tanam di areal pemakaman, kini telah mulai dilirik untu pertamanan. Bunganya sering diabaikan dibiarkan layu dan membusuk di tanah, namun siapa sangka dibalik ketidakberdayaan bunga kamboja menyimpan suatu manfaat ;  a. Batang bunga kamboja, khususnya pada kulit batang berkhasiat untuk mengobati rasa sakit karena bengkak dan pecah-pecah pada telapak kaki, getah bunga kamboja juga berguna sebagai obat sakit gigi dan obat luka.  b. Bunga,  bunga kamboja bermanfaat sebagi bahan campuran sabun, obat nyamuk, dan juga minyak wangi.

Manfaat daun pepaya, daun pepeya ternyata memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Dibalik rasa pahitnya ternyata menyimpan khasiat yang lumayan, al : sebagai obat jerawat, memperlancar pencernaan, menambah nafsu makan, obat demam berdarah, anti kanker, dan nyeri haid (bagi perempuan).   Para wanita jawa zaman dahulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup ambil 1 lembar dauan pepaya, tambahkan asam jawa dan garam campur dengan air secukupnya, dan rebuslah. Air rebusan sebagai obat nyeri haid.

Manfaat jalan kaki, jalan kaki merupakan olah raga juga. Disamping olah raga yang murah meriah secara tidak langsung saat kita beraktivitas dalam keseharian kita juga telah melakukan suatu olah raga jalan kaki. Banyak faedah yang didapat dari berjalan kaki : 1. Menurunkan berat badan, ini bisa terjadi karena selama jalan kaki terjadi metabolisme yang amat cepat dan kalori yang dibakar tubuhpun lebih banyak, hal ini akan menurunkan jumlah lemak yang menumpuk dalam tubuh.  Bagi mereka yang berat badannya berlebihan, amatlah cocok melakukan olah raga ini, karena olah raga jalan kaki tidak menyebabkan benturan-benturan pada persendian yang kecil kemungkinan jatuh sehingga aman dilakukan.  2. Tulang menjadi lebih kuat, tulang penting dijaga agar kita bisa kuat. Untuk mendapatkan tulang yang kuat perlu melakukan latihan fisik, misalnya sering-seringlah berjalan kaki dan perjarang bepergian yang dekat dekat memakai sepeda motor. Dengan rutin jalan kaki, tulangpun akan menjadi lebih tebal kuat dan terhindar oestoporosis.  3. Mengurangi keinginan merokok, jalan kaki ternyata dapat mengurangi keinginan merokok. Karenanya bila anda benar-benar ingin berhenti morokok cobalah cara ini, tentu saja hasilnya tida bisa instan /sekaligus.-

Manfaat daun pandan (daun sugi), kegunaan daun pandan selain sebagai bahan penghias canang sari bagi umat Hindu, juga baik untuk menambah nafsu makan, obat hipertensi, rematik, pegel linu, menghilangkan rambut rontok, ketombe, lemah saraf, dll. Contohnya sebagai obat hipertensi ; caranya > gunakan 3 lembar daun pandan (daun sugi) segar, diiris lalu rebus dengan 400 cc air hingga tersisa  200 cc, saringlah, air rebusan diminum selagi hangat 2 kali sehari.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini