Tuesday, November 6, 2012

Pemimpin dan Kepemimpinan “Hindu”

Pimpinan adalah seorang yang telah mendapat mandat atau kepercayaan dari sekelompok orang-orang sebagai komandan dalam mencapai suatu tujuan (pimpinan = orang memimpin) Contoh : pemimpin adat dan agama, pemimpin sekolah, pemimpin negara/masyarakat.

Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam menjalankan mandat atau kepercayaan dalam kerja sama guna mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Demi keberhasilan kepemimpinan hendaknya mampu dan meiliki sifat : sehat jasmani dan rohani, memiliki keyakinan dalam menjalankan mandat/kepercayaan, memiliki kecerdasan, sanggup memberikan/membangkitkan semangat berusaha untuk maju, memiliki rasa simpati dan kewibawaan, sanggup memberikan keputusan, bisa membaca aspirasi rakyat/yang dipimpin, tegas adil dan bijaksana.

Mengenai pimpinan di kalangan Hindu mengacu pada kitab Niti Sastra ditemukan syarat-syarat seorang pemimpin :
a.      Abhigamika : pemimpin menarik simpati, memahami opini dan aspirasi rakyat.
b.      Pradnya : pimpinan dapat memecahkan segala permasalahan dengan tepat, bijaksana dan berfikir refleks.
c.       Utsah : pimpinan memiliki kreatif tinggi, dengan daya cipta yang tinggi untuk trik-trik kemajuan ( selalu berusaha berdaya cipta)
d.      Atma Sampad : Pemimpin berkepribadian luhur dan hidup sederhana
e.      Sakya Samanta : Pemimpin harus mampu mengevaluasi dan mengontrol bawahan agar dapat bekerja dengan kelompok
f.        Aksudra Parisatka : Pemimpin sanggup memimpin sidang sehingga dapat melakukan keputusan yang diterima oleh semua pihak.
Dalam kepemimpinan Hindu dikenal dengan nama Catur Kotamaning Nrapti > empat sifat utama yang mesti dimiliki dan diterapkan pemimpin dalam memimpin masyarakatnya.
1.      Jnana Wisesa Sudha : memiliki pengetahuan luas, suci dan luhur
2.      Panca kaprihatining praja > memiliki rasa belas kasih terhadap penderitaan rakyat sehingga mampu berbuat : Wager  > cukup pangan, wutuh > cukup sandang, wasita > dapat hiburan sebagai santapan rohani, waras > mendapat pendidikan, wisma > perumahan yang layak, kawiryan > memiliki kemampuan mengatasi masalah, wibawa > berbibawa dan disegani rakyat.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini