Monday, November 5, 2012

Awal “ Hindu “


Di sebelah Utara daerah India, terbentang deretan pegunungan yang tinggi  yaitu Pegunungan Himalaya. Pegunungan ini menjadi pemisah antara India dan daerah-daerah lainnya di Asia. Diantara pegunungan Himalaya dan Hindu Kush ada suatu celah yang disebut Celah Kaiber  (Kaiber Pass ),melalui Celah Kaiber inilah bangsa Arya memasuki India sekitar tahun 1500 SM.


Agama Hindu dan Buddha berasal dari India, tepatnya di utara anak benua India. Perkembangan kedua agama ini tidak dapat dilepaskan dengan pertumbuhan kawasan Lembah Sungai Indus. Pada awalnya perkembangan Hindu-Buddha muncul di kawasan Lembah Sungai Indus. Orang Hindu menyebut agama mereka Sanata Dharma (Agama Abadi, Kebenaran Abadi). Pendiri agama Hindu tidak diketahui dengan pasti. Hindu tidak hanya mencakup agama, melainkan juga peradaban dan cara hidup yang tumbuh dan berkembang sejak 3000 tahun SM dikalangan bangsa Dravida di Lembah Sungai Indus.  Sebelum kedatangan bangsa Arya di Lembah sungai Indus, telah dihuni oleh bangsa Dravida. Bangsa Dravida telah memiliki peradaban yang tinggi, pada dasarnya mereka telah mengenal tata kota (town planning), sistim tulisan gambar (pictograf), kepercayaan dll.


Bangsa Arya mengambil alih kekuasaan, politik, ekonomi dan sosial. Dalam kebudayaan terjadi percampuran budaya  Arya dengan bangsa Dravida, percampuran itu menghasilkan kebudayaan Weda (Vedic Civilization). Kebudayaan inilah yang menjadi cikal bakal agama dan kebudayaan Hindu. Kebudayaan Hindu tumbuh subur di lembah sepanjang aliran Sungai Gangga, Yamuna, dan Brahmaputra. Daerah ini terkenal dengan nama Hindustan atau Aryavarta. Ditandai dengan munculnya kota-kota  seperti Ayodhya, Samath, Magadha agama Hindu berkembang dengan pesat. Masa Weda awal disebut juga periode perintis antara 1500 s.d 1000 SM.


Kehidupan agama Hindu bersumber pada kitab suci Weda/Veda, kitab ini bersifat filsafat dan ajaran agama. Kesemua alam pikiran dalam kitab Weda disebut Vedisme. Semua isi Weda bersangkutan dengan upacara keagamaan terutama kurban. Weda dibagi menjadi 4 bagian, disebut Catur Weda : Rig Weda, Sama Weda, Yajur Weda, dan Atharwa Weda.---

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini