Wednesday, October 10, 2012

Yang baik untuk otak Anak Balita

Bali post , 11-10- 2011 > sumber



Masa Balita adalah masa penting dimana otak manusia mengalami tumbuh kembang dengan pesat. Karenanya dibutuhkan nutrisi otak yang mencukupi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak tersebut.Masa balita dapat dikatakan periode emas dari pertumbuhan dan perkembangan anak .Nutrisi ini bisa didapat dari berbagai jenis makanan ;


1.      Produk susu  > susu dan produk susu lainnya merupakan sumber yang kaya protein, kalsium, kalium dan vitamin D. Semua nutrisi penting ini adalah sumber kunci untuk pengembangan sistem neuromuskuler, neurotransmiter, enzim dan jaringan otak. Anak-anak dan orang-orang kelompok usia remaja yang sedang dalam tahap tumbuh juga memerlukan nutrisi ini.
2.      Semua jenis buah berry >  Stroberi, ceri,  blueberry, dan blackberry dikenal sebagai brainberries karena buah-buahan ini menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk otak. Buah berri merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu dalam mengurangi stres oksidatif.
3.      Telur dan kacang > kolin salah satu unsur penting lain untuk perkembangan sel-sel batang memori yang dapat ditemukan dalam telur dan kacang. Kolin dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak, juga meminimalkan kelelahan. Selain itu kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber vitamin D, yang mampu mengurangi penurunan fungsi kognitif
4.      Gandum Utuh > vitamin B dan glukosa yang ditemukan dalam biji-bijian seperti oatmeal dan beras merah, sehingga membuatnya menjadi makanan otak yang sehat  untuk anak. Tubuh membutuhkan pasokan reguler dan glukosa yang disediakan oleh biji-bijian. Vitamin B meninhgkatkan aliran darah sistem saraf yang merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga semua organ tubuh untuk aktif termasuk otak.


Pastikan kita selalu memberikan nutrisi yang cukup untuk otak si kecil agar ia tumbuh sehat dan juga cerdas. Karena dengan kekurangan salah satu nutrisi akibatnya perkembangan sistim saraf pusat dan kemampuan kognitif di masa selanjutnyapun akan turut terpengaruh.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini