Friday, October 12, 2012

Semanggi sejenis paku air



Daun semanggi itu bentuknya seperti rumput dan tumbuh merambat menjalar, tumbuhan ini sejenis paku air yang banyak ditemukan di pematang sawah dan saluran irigasi, atau di bawah cucuran atap.
Tumbuh merayap, ramping, subur di tempat lembab, terbuka maupun teduh di pinggir jalan, pinggir selokan, lapangan rumput dan tempat lain sampai setinggi kira-kira 2.500 m dari permukaan laut. Batang lunak, berongga, panjang 45 cm atau lebih, daun tunggal berseling, bertangkai panjang, bentuk bulat atau reniform dengan pinggir terbagi menjadi 5 - 7 lekukan dangkal, warna hijau. Bunga majemuk bentuk bongkol, keluar dari ketiak daun, warna kuning.


Daun semanggi memberikan manfaat lebih untuk kesehatan wanita. Dari penelitian diketahui, daun semanggi (green claver) mengandung isoflavon. Itu adalah zat aktif yang mengandung hormon esterogen dari bahan tumbuhan (fitoesterogen).
Bila dikonsumsi teratur, semanggi akan mengurangi gejala klinis yang muncul sebelum dan saat masuk tahap menopause. Serta, meningkatkan kualitas tulang hingga tak osteoporosis (pengeroposan tulang).
Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sakit kuning (Hepatitis), Batu empedu, Batu dan infeksi s. kencing; Batuk dan sesak nafas, Sariawan, Radang tenggorokan; Amandel, Infeksi telinga tengah;
http://www.herbalisnusantara.com > sumber

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini