Wednesday, October 31, 2012

“ Pengukur Tensi Unik “

Sumber : hal. 107.  buku berbahasa dan bersastra Indonesia SMP jilid 2

Penemuan baru berteknologi tinggi telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan alat kedokteran di Singapura. Perusahaan tersebut berhasil menciptakan jam tangan yang bisa medeteksi tekanan darah tanpa menimbulkan nyeri maupun rasa tidak nyaman.

Menurut Health STATS International, sebuah sensor kecil diletakkan dibawah jam tangan tersebut. Apabila arloji dilingkarkan di pergelangan tangan, sensor tersebut letaknya tapat diatas arteri (pembuluh darah nadi). Lalu sensor tersebut akan mencatat pulsasi arteri dan mengubahnya dalam bentuk data yang bisa dibaca. Berbagai data bisa dicatat dari sensor itu : mulai dari ukuran tekanan darah, dan detak jantung. Yang menemukan alat canggih ini adalah dr. Ting Choon Meng. Informasi yang dikumpulkan oleh alat canggih ini dapat digunakan sebagai indikasi  adanya suatu penyakit seperti ; kemungkinan stroke atau perlunya memeriksakan kondisi jantung lebih lanjut. Selama ini, mengukur tekanan darah kadang-kadang menjadi kondisi yang tidak menyenangkan bagi pasien. Pasalnya ketika dipompa udara, cuff yang dilingkarkan pada lengan menekan kuat dan menimbulkan rasa nyeri. Bahkan pada pasien yang harus menjalan operasi, pengukuran darah bisa dilakukan dengan memasukkan keteter (semacam selang) kedalam pembuluh darah lengan. Selain menyakitkan, prosedur tersebut beresiko menimbulkan infeksi.

Dengan adanya sensor pada jam tangan tersebut, maka kemungkinan rasa sakit dan infeksi itu bisa diminimalkan. Selain itu, arloji itu bisa memudahkan dokter memprediksi resiko penyakit para pasiennya. Arloji tersebut juga dapat memunitor tekanan darah dalam 24 jam. Hal itu tentunya lebih akurat dibandingkan pemeriksaan rutin pasien setiap minggu atau bulan.—
  

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini