Saturday, October 13, 2012

Jerawat pada remaja

Diantara kita tentu tidak ada yang tidak tahu yang namanya jerawat, jerawat acap kali membikin kita uring-uringan, jengkel, mangkel dan sejenisnya.Ada beberapa jenis jerawat : komedo,jerawat biasa, jerawat batu/jerawat jagung.  Ada sejenis jerawat yang namanya jerawat kelasik punya ciri-ciri : berupa tonjolan kecil biasanya berwarna pink/ kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat  dan terinfeksi bakteri. Jerawat yang disebabkan oleh hormon biasanya muncul disekitar rahang, dan dagu. Untuk membunuh bakteri penyebab jerawat gunakanlah sabun yang mengandung sulfur, bila perlu gunakan juga masker anti bakteri/jerawat seminggu sekali.
Ada cara untuk mencegah jerawat misalnya dengan membasuh muka/wajah tiap hari dengan lotion anti bakteri, umumnya sabun biasa cukup bagus untuk membersihkan dan bisa mengeringkan kulit tapi  sisa-sisanya dapat menyumbat pori. Tidaklah anda perlu kawatir karena hampir 90% remaja berjerawat dan semua perubahan yang terjadi pada remaja amatlah normal.


Ada beberapa hal untuk mencegah jerawat paling tidak untuk mengurangi ;
a.      Bersihkan wajah setiap hari secara teratur, mencuci muka akan membantu membersihkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin akan menyumbat pori-pori kulit. Namun jangan terlalu sering mencuci muka karena kulit akan menjadi terlalu kering atau justru membuat jerawat menjadi semakin meradang.
b.      Pakailah pembersih muka yang lumrah/dipakai banyak orang yakni dengan sabun wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit anda sebanyak dua kali sehari.
c.       Jaga kesehatan dan kebugaran dengan berolah raga
d.      Jangan memencet/memegang jerawat karena akan memperparah/ meradang dan ketika sembuh akan menyebabkan bekas yang sulit hilang.
e.      Makanlah makanan yang bernutrisi karena bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya merupakan makanan yang baik untuk kulit.
f.        Sabar, jangan mengharap jerawat dapat hilang dalam semalam.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini