Saturday, October 13, 2012

ABG dirimu kini

Wow pinggulmu bertambah lebar cah ayu, pantatmu nampaknya membesar, kau punya payudarapun tumbuh membesar pula. Suaramu kok tidak senyaring dulu lagi ya?  Coba kau perhatikan dirimu dan rasakan saat aktifitasmu banyak bukankah keringat yang membasahi tubuhmu lebih banyak dari dulu-dulu terutama di daerah ketiakmu?


Dalam kondisi yang normal, setiap orang tentu akan mengalami masa pubertas baik kau perempuan atau laki-laki. Saat masa puber tiba akan terjadi berbagai perubahan ; bentuk tubuh, suara kamupun akan berubah. Khusus untuk kalian yang perempuan masa pubertas dapat ditandai dengan datangnya menstruasi untuk pertama kali, istilah menstruasi yang pertama kali adalah  menarche.



Puber adalah masa dimana tubuh mulai berkembang dan berubah, sebagai tanda masa peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa/ gede. Hormon yang mempengaruhi bentuk tubuh dan suara menjadikan kalian bukan seorang anak-anak lagi. Perubahan pisik dan psikologis kalian alami. Perubahan psikologis contohnya kalian mulai tertarik dengan lawan jenismu / kalian mulai punya idola. Perubahan pisik, kalian merasa tinggi badan kalian mulai bertambah dengan cepat. Bentuk tubuh kalian akan berkembang menyerupai bentuk tubuh orang dewasa > tinggi badan bertambah, tumbuh bulu di ketiak dan sekitar kewanitaan, kulit menjadi lebih halus, suara lebih tinggi, payudara membesar, pinggul membesar, mulai keluar cairan dari vagina, dan menstruasi


Seiring dengan perubahan pisik yang kalian alami, berbagai permasalahan akan timbul pula selain perkembangan tubuh, payudara, akan mulai kau rasakan adanya BB/ bau badan, jerawat, bulu-bulu halus di bagian tubuh tertentumu mulai tumbuh, adanya cairan vagina, dan menstruasi.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini