Sunday, October 28, 2012

“ Jangan Minum manis kala berpuasa “

Koran pak Oles, 1-31 Agust. 2012.

Pakar gizi dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Dr.dr. Fiastuti W. SpGK. Msc, mengatakan : minum minuman manis saat sahur dapat meningkatkan resiko lapar saat berpuasa, ujar dia pada satu media edukasi di Jakarta 25 Juli 2012. Minuman manis memicu indeks glikemik dalam tubuh, Saat indeks glikemik meningkat, hormon insulin terpicu untuk keluar lebih banyak guna menetralisir kadar gula yang berlebih dalam tubuh, sehingga kadar gula darah kembali menurun. Inilah yang akhirnya membuat perut kembali terasa lapar, karena kadar gula dasarh kembali merosot tajam.

Selain resiko lapar, rendahnya kadar gula dalam darah saat berpuasa bisa mengakibatkan hipoglikemia, atau kurangnya kadar gula dalam tubuh. Ini yang bisa berakibat fatal, karena seseorang bisa tidak sadarkan diri atau pingsan, sehingga satu-satunya jalan adalah pemberian cairan gula.

Tiga gelas air putih dan segelas susu bisa dijadikan minuman wajib saat sahur, dibanding minum minuman manis. Minum 3 gelas air putih saat sahur dapat mencegah tubuh dari resiko dehidrasi dan segelas susu akan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa hingga berbuka.---

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini