Saturday, October 27, 2012

“ Wana Sepi “ di Desa Wisata Belimbing


Bernaung di kaki Gunung Batukaru itulah Desa Belimbing, yang memiliki beberapa kawasan semacam daerah pemukiman yang kalau orang Bali bilang pondok/banjar. Diantara kawasan-kawasan itu yang bernama : Wana Sepi, Bubuh, Megrembeng, Durenbejug, Lengening, Pasut, Penganggan, Gemuh, Munduk Juuk, Munduk Lantang, dan yang lainnya. Umumnya warga Desa Belimbing mendiami tanahnya masing-masing, mereka membikin pemondokan yang lumayan semi permanen hingga permanen. Fasiltas mereka lumayan, paling tidak di era ini mereka berbekal sebuah TV.




Daerah Wana Sepi adalah merupakan salah satu rute tracking bagi para wisatawan yang mengunjungi Desa Wisata Belimbing. Awal rute dari jalan utama Antosari – Pupuan, di sebelah selatan SD Negeri Nomor 4 Belimbing masuk rute ke arah Tenggara, berjalan santai diantara persawahan yang masih alami, tersapa oleh hembusan angin gunung yang ramah andapun akan tersenyum-senyum. Sekitar setengah kilo perjalanan, anda dapat menyaksikan keanggunan Si Gunung Batukaru yang menghijau, dengan persawahan yang asri ada di kaki-kakinya. Terus melanjutkan perjalanan melewati pematang-pematang sawah anda akan tiba / keluar di Banjar Dinas Suradadi ( Wilayah terselatan kelurahan Desa Wisata Belimbing). Di Banjar Dinas Suradadi telah ada beberapa tempat belanja guna melepas dahaga.  



Nb :

Uniknya Desa Belimbing >  Desa Belimbing memiliki suatu wilayah yang bernama Munduk Lantang, banjar dinas yang ada di Munduk Lantang adalah : Banjar Dinas Durentaluh, dan banjar dinas Suradadi. Apa yang menyebabkan disebut Munduk Lantang ? Disebut “Munduk Lantang” karena, datarannya : mulai dari Gunung Batukaru di sebelah Utara hingga ke Pantai Soka/ Payan di Selatan sama sekali tidak terpotong oleh pertemuan dua sungai (campuhan), jadi datarannya amat panjang sekali.  [ dataran (dataran tinggi) = munduk (bhs Bali) ; pertemuan 2 sungai = campuhan (bhs Bali) ; Panjang = lantang (bhs Bali). ]



1.5 to 2 hours drive from Ngurah Rai Airport Internasonal to reach the village of Belimbing, Pupuan District, Tabanan regency.  Belimbing village is a tourist village on the island of Bali.

"Belimbing village is nice , nice is Belimbing village"
·        in Suradadi have Made ​​the restaurant, Sari Wisata restaurant, and there are hotel "Cempaka Belimbing" (4 star)....

https://docs.google.com/file/d/0B82VBquP5Ka3azRGRkVrbTY2OE0/edit
( belimbing desa wisata, kabupaten tabanan, prov. bali)

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini