Thursday, October 11, 2012

Bau badan (BB)

Umumnya semua orang mengeluarkan keringat saat melakukan aktifitas dalam keseharian, keringat akan menjadi penyebab utama bau badan. Ada sekitar dua setengah juta kelenjar pada seluruh tubuh manusia. Keringat itu amat penting untuk menjaga suhu tubuh. Pada tubuh manusia ada 2 macam kelenjar keringat : pertama > disebut kelenjar keringat luar (eccrine), memproduksi keringat bening dan tidak berbau. Kelenjar ini sudah bekerja sejak manusia dilahirkan. Kedua > kelenjar keringat dalam (apocrine) mulai aktif saat manusia mengalami pubertas, keringat yang dikeluarkan berbau tidak sedap bila bertemu bakteri di kulit. Bau yang tidak sedap ini disebut juga BB.
Bau badan sesungguhnya dapat diatasi, ada beberapa cara untuk mengatasi bau badan (BB), diantaranya ;


1.   Rajinlah mandi > bila kita mandi dibawah pancuran lebih baik dibandingkan mandi dengan berendam, karena saat air menimpa tubuh dan menciprat akan lebih banyak kotoran maupun bakteri yang terbuang dari badan.
2.   Pakailah deodoran > umumnya mengandung seng dan aluminium yang berguna untuk memerangi bakteri penyebab bau badan. Sabun anti bakteri  juga dapat membantu membunuh kuman-kuman yang ada di tubuh
3.    Nutrisi yang tepat > Ada beberapa makanan/minuman yang amat disukai kebanyakan orang dan dapat menimbulkan bau badan terutama kopi, cokelat, dan makanan/minuman yang lain yang mengandung kafein. Bakteri amat suka pada keringat yang banyak mengandung lemak. Banyak mengkonsumsi cairan akan mengurangi kerja kelenjar keringat apokrin sehingga dapat meminimalkan terjadinya bau badan.
4.  Terapi lain > Bila keluarnya keringat memang sudah diluar kendali, ada terapi yang dinamakan iontophoresis  yang dapat mengikat pori-pori keringat selama selama beberapa bulan dengan menggunakan listrik.-

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini