Monday, September 9, 2013

“ Pura Pulaki “



Pura Pulaki terletak di Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak, Buleleng, sekitar 53 kilometer di sebelah barat kota Singaraja. Pura ini terletak di pinggir jalan raya jurusan Singaraja-Gilimanuk, sehingga umat Hindu akan selalu singgah untuk bersembahyang jika kebetulan lewat dari Gilimanuk ke Singaraja atau sebaliknya. Namun jika ingin bersembahyang secara beramai-ramai, umat bisa datang saat digelar rangkaian piodalan yang dimulai pada Purnama Sasih Kapat. Sejarah Pura Pulaki memang tak bisa dijelaskan secara tepat. Namun, dari berbagai potongan data yang tertinggal, sejarah pura itu setidaknya bisa dirunut dari zaman prasejarah.

Pura Pulaki merupakan tempat suci sebagai pemujaan atau persembahyangan untuk memuliakan dan memuja Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Selain itu juga sebagai tempat untuk memuliakan dan memuja arwah suci dari Sri Patni Kaniten, salah seorang isteri Dang Hyang Nirartha yang diberi gelar Bhatari Dalem Ktut. Pembangunan Pura Pulaki dapat dikatakan ada hubungannya dengan perjalanan Dang Hyang Nirartha. Pura ini juga merupakan suatu komplek yang terdiri dari lingkungan Pura Agung Pulaki dengan beberapa "pesanakannya", yaitu Pura Melanting, Pura Kertha Kawat, Pura Pabean, dan Pura Pemuteran. Pura-pura pesanakan tersebut berada tidak jauh dari lingkungan Pura Agung Pulaki yang dapat dikatakan mengeliling Pura Pulaki dengan jarak masing-masing sekitar 1,5 km


Di sisi lain, dilihat dari letak Pura Pulaki yang terletak di Teluk Pulaki dan memiliki banyak sumber mata air tawar, maka kawasan ini diduga sudah didatangi manusia sejak berabad-abad lalu. Kawasan Pulaki menjadi cukup ramai dikunjungi oleh perahu dagang yang memerlukan air sebagai bahan yang sangat diperlukan dalam pelayaran menuju ke Jawa maupun ke Maluku. Bahkan, kemungkinannya pada waktu itu sudah ada berlaku perdagangan dalam bentuk barter. Barang yang kemungkinan dihasilkan dari kawasan Pulaki adalah gula dari nira lontar. Ini didasarkan hingga kini masih ditemukan tanaman lontar di sepanjang pantai dari Gilimanuk ke timur, termasuk Pulaki.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini