Thursday, September 26, 2013

Gigi anda akan kuat olehnya



Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, demikian memang orang akan memilih (berkata) bagi mereka yang belum pernah merasakan bagaimana nikmatnya sakit gigi itu, karena mereka belum kena batunya. Terlepas dari polemik itu, kita semua selalu menghendaki seluruh organ tubuh kita selalu sehat tanpa sakit tentunya. Demikian juga dengan keberadaan gigi kita, disamping agar selalu terjaga putih bersih rasa sakitpun agar jangan sampai pernah kita rasakan. Ada kiat-kiat tertentu agar gigi sehat, misalnya selalulah memakan makanan yang menyebabkan gigi lebih sehat atau bertahan tetap sehat. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu memperkuat dan menyehatkan gigi, misalnya :

a.      Produk kacang-kacangan, dalam jumlah yang tepat makanan itu dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan akan membentuk lapisan pelindung pada email gigi, beberapa komponen makanan dapat membantu mengurangi karies gigi makanan ini dikenal dengan istilah makanan pelindung.
b.      Buah dan sayur mengandung serat, maka banyak kunyahan yang dibutuhkan guna mengolahnya, hal ini berpengaruh pada peningkatan produksi air liur untuk perlindungan rongga mulut, sayuran hijau nyata kaya vitamin A dan protein yang menjaga gigi serta tulang dalam kondisi baik.
c.       Disarankan untuk mengkonsumsi susu minimal 250 s.d 500 ml / hari, karena susu sumber penting kalsium, sebaiknya susu yang rendah lemak (nabati).
d.      Daging kaya akan protein, zat besi juga vitamin B12, orang dewasa di wajibkan makan 2 s.d 3 porsi produk daging/hari (masing-masing sekitar 110 gram), bagi vegatarian dapat memilih tahu, kancang-kacangan, biji-bijingan dan sayuran yang lain.
e.      Gandum juga baik untuk dikonsumsi utamanya gandum utuh, karena gandum olahan jelas kurang baiknya (mie, pasta, biskuit, dan produk roti) > makanan yang mengandung tepung dan gula merupakan karbohidrat yang difermentasikan sehingga jadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut.—

Sumber  : bali post  18 -09- 2013.--

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini