Saturday, August 10, 2013

Manfaat Gula Aren/Gula Merah



Yang namanya gula aren adalah gula yang dihasilkan oleh pohon aren/pohon enau/ orang Bali menyebutnya “punyan jaka “.  Banyak menfaatnya yang namanya gula merah/gula aren itu, umumnya dipakai sebagai pemanis jajan lebih-lebih di Bali, jajan untuk bahan upakara yadnya banyak yang pemanisnya memakai gula aren/gula merah. Sebagai kelengkapan upacara yadnya di Bali juga mementingkan yang namanya sate lambat. Sate lambat yang dimaksud juga memerlukan rasa manis yang pemanisnya juga di buat dari gula merah/gula aren. Di Bali gula merah/gula aren identik dengan gula bali, jika orang Bali menyebut gula bali, sudahlah tentu yang dimaksudkan adalah gula aren/gula merah yang dihasilkan oleh pohon enau.

gula aren / gula merah / gula bali

Sesuai dengan brosur produk kesehatan “Gentong Mas” yang diproduksi oleh PD GENTONG MAS,JABAR-INDONESIA,  yang namanya gula aren memiliki beberapa kandungan yang berupa zat yang juga memiliki beberapa manfaat nyata ;

1.      Riboflavin, : membantu pembentukan sel darah merah, penghasil anti bodi, bersama enzim menghasilkan energi yang diperlukan tubuh, bersama vitamin A memperbaiki selaput mukosa pada saluran pencernaan, menghambat kerusakan sel pada saat proses produksi energi, memperbaiki sistim kerja jaringan dan saluran pecernaan tubuh
2.      Thiamin, berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi, memperkuat sistim syaraf dan otot, membantu tubuh membuat dan memakai protein.
3.      Niacin, berguna sebagai koenzim dalam metabolisme glokosa, lemak, dan alkohol. Membantu kesehatan kulit, sistim syaraf dan sistim pencernaan,menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan funsi kerja otak.
4.      Nocotinic Acid,  mencegah serta menghaluskan bekas jerawat, mencegah sembelit dan wasir
5.      Ascorbic acid, memiliki fungsi anti biotik, mecegah rematik, flu dan asthma, dapat mencegah kanker, menciptakan sistim imunitas,  memperkokoh tulang dan sendi, bersifat anti oksidan dan mampu menangkal radikal bebas.
6.      Kalsium, malancarkan peredaran darah, menormalkan tingkat keasaman darah, menyeimbangkan tingkat keasaman darah, mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker usus, memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
7.      Vitamin B6 dan lain-lain, metabolisme protein dan karbohidrat, membantu dalam produksi sel darah merah, membantu sistim imunitas tubuh.----




## Posting lain :
Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan Tubuh

- Mendinginkan Perut
Pernahkah anda mengonsumsi air kelapa muda yang dicampur gula merah? Jika pernah, minuman tersebut akan berdampak baik pada kesehatan anda. Gula merah dinilai bisa mendinginkan perut, jadi mengonsumsi minuman tersebut akan lebih baik jika dalam keadaan cuaca yang panas.

- Membuat Tidur Lebih Nynyak Dan Membuat Rileks
Kandungan selenium yang tinggi membuat gula merah gisa melemaskan saraf-saraf tubuh anda yang tegang sehingga bisa menimbulkan efek rileks. Mengonsumsinya dengan cara dicampur dengan minuman pada malam hari bisa membuat tidur anda terasa lebih nyenyak. Tentu sebuah kabar gembira bagi orang yang sedang mencari cara mudah mengilangkan Insomnia.

- Diet
Kalori dalam gula merah tergolong lebih sedikit ketimbang gula pasir. So, pastinya itu bagus untuk dikonsumsi orang-orang yang tidak mau atau tidak boleh mengonsumsi gula pasir terlalu banyak terutama bagi yang sedang berdiet.

- Pencegah Anemia
Kandungan zat besi pada gula merah tergolong cukup dan mampu untuk mencegah seseorang terkena anemia atau di Indonesia lebih dikenal dengan kurang darah.

- Mengandung Antioksidan
Seperti pada secangkir teh, gula merah mempunyai kandungan antioksidan yang tentunya bagus untuk tubuh karena bisa mencegah datangnya beberapa penyakit ringan.

Sumber : sebuah status FB akun Cirebon Online Shop



No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini