Monday, August 5, 2013

Ciri – ciri pranata mangsa



Pada umumnya yang namanya pranata mangsa amat erat kaitannya dengan sasih, arah bertiupnya angin, serta berpengaruh kuat dengan watak bayi yang lahir ke dunia ;

1.      Sasih Kasa, angin bertiup dari timur laut ke barat daya, umumnya kala siang panas malam hari dingin, watak bayi yang lahir iba hati budi pekertinya sedang.
2.      Sasih Karo, angin  bertiup dari timur laut ke barat daya, siang hari hari panas malam hari dingin, watak bayi yang lahir ceroboh, kurang piker, kurang hati-hati
3.      Sasih ketiga, angin bertiup dari utara ke selatan dan jalannya sedang, umumnya hawa kering dabn panas, watak bayi yang lahir pendiam dan pelit.
4.      Sasih kapat, angin  bertiup dari barat laut ke tenggara sepoi-sepoi, hawa kering dan panas, watak bayi yang lahir bersih dan suka dengan keindahan
5.      Sasih Kelima, angin bertiup dari barat laut ke tenggara kuat dan kadang-kadang dibarengi dengan hujan, hawa mulai basah, watak bayi yang lahir cepat kaki ringan tangan.
6.      Sasih Keenem,  angin bertiup dari barat ke timur kecang dan kadang-kadang badai, hawa basah, dingin dan banyak hujan, watak bayi yang lahir otaknya cerdas,cerdik.
7.      Sasih Kepitu, angin bertiup dari barat tetapi tidak tetap keadaannya hawa amat basah, dingin dan banyak hujan, watak bayi yang lahir suka berkelahi.
8.      Sasih Kewulu, angin bertiup dari barat daya ke timur laut keras dan kadang-kadang bolak-balik, hawa basah hujan mulai berkurang, watak bayi yang lahir suka menolong.
9.      Sasih Kesanga, angin bertiup dari selatan tetap dan kuat, hawa masih basah hujan agak berkurang, petir banyak terdengar, watak bayi yang lahir pemboros banyak bicaranya.
10.  Sasih Kedasa, angin bertiup dari tenggara tetap dan kuat, hawa msih basah, hujan kian berkurang, watak bayi yang lahir cepat marah, sering sakit hati.]
11.  Sasih Desta, angin bertiup dari tenggara ke timur laut hawa agak panas, hujan amat sedikit watak bayi yang lahir suka memiliki / serakah.
12.  Sasih Sada, angin bertiup dari timur ke barat sepoi-sepoi, siang hari hawanya panas malam hari dingin kadang-kadang turun hujan, watak bayi yang lahir memiliki rasa belas kasihan.

Sumber  : kalender bali tahun 2013, oleh : Wayan Gina.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini