Friday, August 16, 2013

Ada di kawasan Jawa Tengah



Jawa tengah, juga merupakan daerah yang amat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan merupakan salah satu alternatif pilihan dalam melepas kepenatan. Diantara kesekian jenis hiburan wisata yang dapat kita nikmati di Jawa Tengah, salah satunya adalah wisata alam. Alam jawa tengah memanglah diciptakanNya dengan indah untuk para umatNya, makanya amat baik untuk dinikmati dengan mata telanjang agar berubah pikiran jadi segar kembali. Potensi alam jawa tengah diantaranya ada berupa wisata di kawasan perkebunan, maka wajarlah udara segar yang dikitari lingkungan nan asri akan anda peroleh. Diantara tempat yang lumayan menarik sebut saja : Dieng, dan Kaligua.

1.      Dieng, kita semua tahu Dieng itu adalah merupakan sebuah dataran tinggi namun juga merupakan suatu tempat yang layak menjadi sasaran wisata anda. Pegunungan dan dataran tinggi yang menawan terhampar di depan mata saat anda mendatangi  Dieng. Konon sebutan/kata Dieng berasal dari bahasa sansekerta yakni “di” yang berarti gunung / tempat yang tinggi serta kata  “hyang” yang berarti kahyangan. Mirip dengan asal katanya, dataran tinggi Dieng memanglah indah menawan. Dataran tinggi ini  kesehariannya menghijau oleh perkebunan tembakau khususnya didaerah Temanggung serta Wonosobo. Segudang obyek wisata akan anda dapati di sekitar Dieng, misalnya Kawah Sikidang,Kawah Candradimuka, Telaga Balaikumbang, Telaga Siwi, Sumur Jala Tunda, Gua Jumut, dan Gangsiran Asmotama.
2.      Kaligua, merupakan kawasan wisata kebun teh. Lebih kurang sepuluh kilometer dari kecamatan Peguyangan, kabupaten Brebes. Yang namanya perkebunan teh tentulah menghijau dan nyata-nyata mengikat hati. Para ibu yang sibuk memotong ujung ranting pohon teh yang masih muda daunnya akan menjadi pemandangan utama anda. Gua peninggalan bangsa Jepang saat penjajahan dahulu juga ada di tempat ini. Sesungguhnya Jawa Tengah memanglah merupakan kawasan perkebunan, buktinya masih ada perkebunan yang lain yang lumayan menarik dan segar tentunya, diantaranya sebut saja perkebunan teh Madini, tiada kalah indah dibandingkan Kaligua. Ada juga perkebunan karet Marbuh, wisata alam Sreni Indah, Kopeng, Wana Wisata Kartini, Mantingan, serta perkebunan kopi Sukomangli. Saking indahnya kawasan perkebunan ini sampai-sampai mampu membuat turis  mancanegara seperti Belanda dan Jepang tertarik untuk berwisata alam. Makanya janganlah anda kalah dengan para turis itu…..

Sumber : suatu koran yang telah robek edisi serta namanya ( rubrik : potensi daerah).

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini