Monday, April 22, 2013

“ Prilaku hidup bersih “



Prilaku hidup bersih dan sehat merupakan sekumpulan prilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan serta berperan aktif dalam mewujudkan  kesehatan lingkungannya. Prilaku hidup bersih di rumah tangga guna memberdayakan anggauta rumah tangga agar tahu, mau dan mampu memperaktekkan prilaku hidup bersih dan sehat dan juga berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat / lingkungannya.

`Tujuan prilaku hidup bersih di rumah tangga, meningkatkan dukungan dan peran aktif  petugas kesehatan, petugas lintas sektor, media massa, organisasi masyarakat, LSM, tokoh masyarakat, tim penggerak PKK serta dunia usaha dalam pembinaan prilaku hidup bersih di rumah tangga. Meningkatkan kemampuan keluarga guna melaksanakan prilaku hidup bersih dan berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Yang namanya prilaku hidup bersih di rumah tangga juga memiliki sasaran : pasangan usia subur (PUS), ibu hamil dan atau ibu menyusui, anak dan remaja, usia lanjut, dan pengasuh anak.

Sudahlah tentu jika kita bisa menerapkan prilaku bersih akan mendapatkan hasil nyata terutama di bidang kesehatan, kita tahu kesehatan itu adalah tiada ternilai harganya. Bagi rumah tangga, bagi masyarakat luas dan bagi pemerintah tentunya. Terutama bagi rumah tangga : setiap anggauta keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit, anak akan tumbuh sehat dan cerdas, produktifitas kerja  anggauta keluarga meningkat, pengeluaran biaya rumah tangga dapat difokuskan untuk pemenuhan gizi keluarga, pendidikan, serta modal usaha demi peningkatan pendapatan keluarga.  Sedangkan bagi masyarakat manfaat hidup bersih adalah : masyarakat akan mampu mengupayakan lingkungan sehat, mampu mecegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan, masyarakat mampu mengembangkan upaya kesehatan bersumber masyarakat semisal : posyandy, jaminan pemeliharaan kesehatan, tabungan ibu bersalin (tabulin), arisan jamban, kelompok pemakai air, ambulance desa, dll. Sedangkan bagi pemerintah : ada peningkatan prosentase rumah tangga sehat akan menunjukkan kinerja dan citra pemerintah yang baik, akan dijadikan pusat pembelajaran bagi daerah lain dalam pengembangan PHBS di rumah tangga.


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini