Sunday, April 21, 2013

Bagai Matahari dengan sinarnya (keyakinan Hindu)



Semua penghuni jagat tahu bahwa mereka yang memeluk agama Hindu itu, meyakini dengan adanya banyak Dewa, namun amat sedikit yang tahu bahwasanya umat Hindu itu juga meyakini/percaya cuma ada satu Tuhan (Esa). Umat Hindu meyakini banyak Dewa adalah dalam bentuk kekuasaanNya, yang merupakan manifestasinya sebagai suatu keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan, ibarat matahari dengan sinarnya. Dimana sinar-sinar matahari yang banyak itu merupakan kekuatan yang memancar, sebagai wujud nyata (Dewa-dewa) yang menguasai sembilan penjuru mata angin yang acap disebut Nawa Dewata atau Dewata Nawa Sanga. “ Dewa dari barat, dewa dari timur, dewa dari arah utara, dewa dari arah selatan, semoga limpahkan rahmatNya kepada kita dengan pemberian umur panjang”

Keterkaitan Nawa Dewata  dengan Hyang Widhi (Tuhan) dalam ajaran Hindu, beliau yang memiliki fungsi sesuai dengan kekuasaanNya, misalnya : menciptakan, memelihara, serta memeralina (mengembalikan ke sumber/asalnya) seluruh alam semesta beserta isinya, sehingga kekuatan Hyang Widhi itu disebut Tri Murti, yang meliputi Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Demikian juga Hyang Widhi diyakini memiliki banyak nama sesuai dengan  fungsi beliau menguasai, menjaga alam ini agar senantiasa aman, subur, sejahtra, dan seimbang. Misalnya uamat Hindu mengenal adanya nama-nama dewa, diantaranya :

1.      Dewa Indra, merupakan gelar Hyang Widhi  dalam menguasai, mengatur, mengendalikan hujan guna memberikan kesuburan alam  semesta ini.
2.      Dewa Baruna, merupakan gelar Hyang Widhi dalam menguasai, mengatur dan mengendalikan laut, sehingga laut dengan berbagai jenis ikan dan berbagai kekayaan laut dapat dimanfaatkan oleh umat manusia.
3.      Dewa Yama, adalah gelar Hyang Widhi sebagai pemegang keadilan. Dalam mengadili setiap perbuatan manusia.
4.      Dewa Kuwera, merupakan gelar Hyang Widhi dalam menguasai, mengatur kekayaan alam berupa tri bhoga : bhoga (makanan), upabhoga (pakaian), dan paribhoga (papan, perumahan).
5.      Dewa Agni, merupakan gelar Hyang Widhi  dalam menguasai/ mengatur api, yang dapat dipakai oleh umat manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya.
6.      Dewa Bayu, merupakan gelar/perwujudan Hyang Widhi  dalam menguasai/mengatur udara (angin). Semua mahluk hidup akan selalu dapat bernapas demi kelangsungan hidupnya.
7.      Dewa Surya, merupakan gelar Hyang Widhi dalam menguasai/ mengatur matahari agar selalu bersinar seperti layaknya. Maka asimilasi  dari tumbuhan dapat berlangsung, mengeringkan pakaian, pembangkit listrik, dll.
8.      Dewa Candra, merupakan gelar Hyang Widhi dalam mengatur / menguasai bulan serta planet  lainnya. Bulan dan bintang selalu bersinar dan beredar tanpa terjadi tabrakan berkat kekuasaan Sang Hyang Widhi.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini