Sunday, April 21, 2013

“ Acala Lingga, Gunung Rinjani “ (Hindu)



Kita semua tahu yang namanya budaya itu amatlah beraneka ragam, diantara semua budaya yang ada dan berkembang di Nusantara agama Hindu mengedapankan banyak budaya dalam artian berbagai budaya. Katakanlah tentang gunung, umat Hindu menganggap semua gunung itu suci, sakral menganggap identik dengan meyakini, jadilah ia sebuah keyakinan yang hakiki, dan sebuah budaya yang kental sejak Hindu itu mulai ada.

Alam maya pada ini diciptakan Tuhan/Hyang Widhi dalam keberagaman yang terdiri atas lautan dan daratan. Daratan nan luas, terbentang dalam berbagai bentuk yang amat mengagumkan, sedemikian besar kemaha kuasaan Tuhan. Gunung merupakan salah satu dari kemaha kuasaan beliau, yang amat penting bagi kelangsungan keberadaan manusia di jagat ini, dalam filosofi Hindu gunung mendapat tempat yang terhormat. Gunung adalah lingga yang tidak bergerak, “Acala Lingga”. Banyaklah diceritrakan gunung adalah tempatnya para Dewa, seperti halnya Gunung Semeru, Maha Meru, Gunung Tohlangkir, Gunung Rinjani, serta yang lainnya.

Tidak banyak yang tahu, bahwasanya keberadaan gunung pulalah yang mendasari lahirnya padmasana di  tanah Bali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Nusa Tenggara Barat terletak di pulau Lombok. Seperti halnya gunung-gunung yang lain dalam pandangan Hindu, Gunung Rinjani juga amat disucikan oleh masyarakat yang ada disekitarnya. Tidak hanya masyarakat Hindu, masyarakat Sasak masih juga mempercayai pentingnya keberadaan dan juga kesakralan Gunung Rinjani. Berbagai ritual seperti mulang pekelem dilakukan sebagai salah satu penghormatan akan keberadaan Gunung Rinjani. Gunung ini memiliki dua nilai penting disamping yang fungsinya memang amat vital sebagai salah satu reservoir  berbagai sumber daya alam serta katalisator udara, Gunung Rinjani juga diyakini memiliki nilai magis dan kesakralan yang amat suci. Bahkan dalam purana Hyang Pasupati dikatakan bahwa Gunung Rinjani memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan gunung-gunung lainnya yang juga disakralkan oleh umat Hindu seperti halnya Gunug Agung di tanah Bali, Semeru di Jawa, dan Gunung Mahameru di India. Peran penting itulah yang dimiliki Gunung Rinjani, menjadikan gunung ini sebagai aset yang tiada ternilai harganya di mata masyarakat Nusa Tenggara Barat. Secara spesifik tentunya adalah umat Hindu, yang demikian mengagungkan Gunung Rinjani ini.--

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini