Tuesday, February 5, 2013

Makanan tidak layak konsumsi



Kita mengkonsumsi beraneka macam makanan dalam sehari-hari : sayuran, buah-buahan, dan berbagai makanan  pokok lainnya. Tidaklah semua makanan yang ada layak/baik untuk dikonsumsi ada batas waktu toleransinya untuk dikonsumsi (kedaluwarsa).  Tidak semua jenis makanan mudah untuk mengenali kapan batas waktunya baik untuk dikonsumsi contohny makanan kering, susu, atau makanan kaleng. Kita jadi bertanya-tanya, apakah makanan tersebut masih layak untuk dikonsumsi? Selain dengan mencari tahu tanggal kedaluwarsa pada label kemasan, bagaimana cara mengenali makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi?

a.       Susu dan keju, susu kemasan bisa dikonsumsi selama seminggu setelah  kemasan dibuka, demikian juga dengan keju. Setelah itu kan tercium bau asam. Untuk menghindarinya bungkus kembali keju dengan aluminium foil, masukkan kedalam kotaknya, lalu simpan di lemari es. Jika keju telah keburu asam, untuk menggunakannya kembali potong bagian yang telah terpapar udara. Keju yang lebih lembut yang terbuat dari susu kambing, akan lebih cepat membusuk saat terpapar udara.
b.      Daging ayam, sapi, dan ikan, serta tahu, Daging ayam, sapi, ikan, dan tahu yang tidak layak dikonsumsi warnanya berubah, berlendir, dan berbau menyengat. Tidak ada jalan lain untuk mempertahankannya, buanglah segera. Agar daging lebih tahan lama, perhatikan cara menyimpannya. Daging yang kotor saat dibeli tidak perlu dicuci, tapi potong saja bagian yang kotor. Bila tidak langsung dimasak, masukkan daging kedalam frizer, karena makanan ini akan tahan hingga 1 bulan.
c.       Sayur dan buah-buahan, Sayur atau buah-buahan yang mulai layu masih bisa dikonsumsi, namun vitaminnya telah berkurang, dan rasanyapun akan berbeda. Jika sayur dan buah telah berjamur dan berlendir, jangan dimakan.
d.      Makanan kering, Makanan kering  seperti biskuit, roti kering, dan kue kering bisa bertahan 3 – 6 bulan jika kemasannya belum dibuka. Namun ingat, roti tawar tidak bertahan lama walau kemasannya belum dibuka. Rata-rata roti tawar hanya bertahan selama seminggu.
e.      Makanan kaleng, makanan ini tahan  paling lama 2 tahun. Namun jangan berpatokan pada label kedaluwarsa, jika anda melihat perbedaan dari yang biasa anda ketahui. Contoh : buah kalengan berbau masam, airnya menjadi kental dan berlendir, kala kaleng dibuka mengeluarkan gas, atau ada bibit jamur (bulukan)

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini