Wednesday, February 6, 2013

Dihadiri oleh Bupati Tabanan dan perwakilan UN WTO



 Telah banyak yang tahu bahwa desa Belimbing di kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, kini menyandang sebutan “Desa Wisata” . Sebuah sebutan yang lumayan indah sesuai dengan panorama alam yang dimiliki oleh Desa Belimbing. ( Pendeklarasian Desa Belimbing sebagai Desa Wisata ditandai dengan penandatanganan diatas kanvas oleh Bupati Tabanan ,UN WTO, dan komponen terkait lainnya)


Desa Belimbing sebagai desa wisata telah dideklarasikan, yang dihadiri oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan perwakilan UN WTO  I Gede Ardika di 20 September 2010 lalu. Kala itu Bupati Tabanan memaparkan bahwa dalam pengembangan obyek wisata, Sapta Pesona merupakan hal yang amat penting. Karena kesemua unsur sapta pesona itu amat dibutuhkan oleh para turis bila mengunjungi suatu obyek wisata. Meraka tentu membutuhkan rasa aman, tertib, bersih, indah, sejuk, disamping keramah tamahan masyarakatnya. Yang mana pada akhirnya para wisatawan itu akan selalu terkenang pada obyek yang telah mereka kunjungi. Pada kesempatan itu pula, bupati Tabanan berharap agar nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki Desa Belimbing utamanya ekologi Desa Belimbing dapat selalu dipertahankan. Kedepannya Desa Belimbing, diharapkan bisa sebagai desa wisata yang memiliki jati diri jelas, dan janjinya pemerintah sebagai pemegang kebijakan akan selalu memberi dukungan posiotif. Juga amat diharapkan masyarakat Belimbing untuk bisa menciptakan souvenir khas Belimbing, sehingga mereka akan selalu terkenang dengan Desa Wisata Belimbing  ( semoga).


Dilain pihak I Gede Ardika mengungkapkan, masyarakat Belimbing memiliki semangat yang tinggi dalam usaha pengembangan Desa Belimbing menuju Desa Wisata, Desa ini memiliki pemandangan yang indah yang berpotensi dikembangkan sebagai desa wisata. Juga diungkapkannya pula bahwa, semangat menyama braya masyarakat Belimbing cukup tinggi, tinggal bagaimana pihak terkait membuka peluang ke arah sana. Yang penting ujar I Gede Ardika, upaya masyarakat disamping melestarikan nilai budaya setempat juga dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan warga. Kekuatan masyarakat sebagai modal dasar harus benar-benar disinergikan dengan semua komponen terkait lainnya.


[Badan Pariwisata Dunia (United Nations World Tourism Organization) turut mendeklarasikan Desa Belimbing di Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali menjadi Desa Wisata]

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini