Tuesday, January 22, 2013

Makanan di kala musim hujan


Bali post, 20012013

Cuaca dingin pada musim hujan tentu saja bisa berdampak besar pada kesehatan kita. Kita mesti mengantisipasinya, berikut ada beberapa makanan sehat yang dapat mencegah influensa yang menyerang kita kala musim hujan tiba :

1.      Teh hijau, resiko terkena kanker dapat diturunkan oleh anti oksidan EGCG dalam teh hijau, bakteri dalam ususpun bisa ditahan pertumbuhannya melaluiu teh yang amat cocok di kala musim hujan.
2.      Bawang putih , sistim kekebalan tubuh bisa ditingkatkan oleh bawang putih. Senyawa T-lymphocytes dan macropages membantu nutrisi baik dalam bawang putih bekerja untuk menangkal virus flu.
3.      Cabai, sifat anti kanker juga dimiliki cabai yang kaya akan beta-karotein dan vitamin A. Makanan pedas bisa dikonsumsi untuk mencegah hidung tersumbat.  Kanker prostat juga dapat dicegah selain infeksi pada saluran darah.
4.      Ubi jalar, penyakit serius seperti alzheimer, parkinson, penyakit hati, cystic, fibrosis, HIV, kanker, jantung, dan diabetes bisa kita cegah dengan ubi jalar. Glutation yang terkandung dalam ubi jalar merupakan anti oksidan yang dapat meningkatkan metabolisme nutrisi dan sistim kekebalan tubuh.
5.      Labu Kuning, Vitamin A berasal dari nutrisi dalam anti oksidan dan beta-karotein pada labu. Makanlah labu baik dengan konsumsi langsung atau sayur, untuk memperkuat sistim kekebalan tubuh.
6.      Tiram, Zinc atau seng banyak terkandung pada tiram, dibanding mineral lainnya. Zinc lebih berguna pada reaksi enzimatik, Jadi penting untuk kekebalan tubuh.
7.      Jamur, Selain berguna untuk menguatkan sistim kekebalan tubuh, jamur memiliki nutrisi yang amat baik untuk mengurangi resiko kanker. Sel darah putihpun akan ditingkatkan dan racun dalam tubuhpun akan keluar , kerusakan dari radikal bebas bisa dicegah.
8.      Delima, cegahlah kanker prostat, paru-paru, dan sejumlah jenis kanker lainnya dengan meminum jus delima. Anti oksidannya juga baik untuk menjaga kesehatan.--  

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini